13 août 2008

ekosistem

Suatu makhluk hidup akan selalu membutuhkan makhluk hidup lain dan lingkungan hidupnya. Hubungan yang terjadi antara individu dengan lingkungannya bersifat saling mempengaruhi atau timbal balik. Hubungan timbal balik antara unsur-unsur biotik (produsen, konsumen, dan pengurai) dengan abiotik (cahaya, udara, air, tanah, suhu, dan mineral) membentuk sistem ekologi yang disebut ekosistem.
Untuk menjaga keseimbangan ekosisitem rantai makanan sangat berperan penting. Rantai makanan adalah pengalihan energi dari sumbernya dalam tumbuhan melalui sederetan organisme yang makan dan yang dimakan. Rantai makanan yang tidak terputus dapat menandai keseimbangannya ekosistem.
Secara alami, alamlah yang mengatur keseimbangan ekosistem dengan mengontrol hubungan antara komponen biotik dan abiotik. Namun, sekarang aktivitas manusia juga banyak yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya :
1Penebangan hutan secara liar
2Pengeboran minyak lepas pantai
3embuangan sampah atau limbah
4Penggunaan pupuk buatan dan pestisida berlebihan
5Pembakaran hutan
6Penangkapan ikan tanpa kendali
7Perusakan terumbu karang
Contoh-contoh diatas adalah salah satu contoh dari sekian banyak tingkah laku manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.

3 comment(s):

(^oo^) bad girl (^oo^) a dit…

Very good......

Wijaya Kusumah a dit…

Wah ini baru namanya blog yang bermanfaat. Omjay salut sama kamu. Blog yang kamu buat dapat digunakan untuk bisa berbagi pengetahuan kepada sesama. Lanjutkan terus berbagi pengetahuan kepada yang lain.

Blog kamu akan Omjay jadikan contoh teman yang lainnya. Terima kasih atas ketekunannya mengisi blog kamu dengan baik. Selamat berjuang!

Manfaatkan waktu dengan baik. Jadikan si blog sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan kamu dalam memperkaya khasanah ilmu pengetahuan.

Omjay

arsy a dit…

odi.. kasi comment arsy dongg..