29 septembre 2008

Susahnya ngeblog

Susahnya Nge-Blog?


Hai, semuanya! Blog mungkin sekarang udah akrab banget sama kita. Bisa jadi tempat curhatan atau untuk berbagi informasi. Tapi, semua itu tentu saja ada hambatannya.
Contohnya saja, aku ni. Aku sih pengen-pengen aja nge-blog, tapi kadang-kadang idenya suka buntu! Rasa-rasanya ga ada yang terlalu penting untuk aku tulis gitu. Biasanya kalo kayak gitu, aku jalan-jalan dulu atau aku maen dulu. Nah, biasanya aku dapet inspirasi tu buat nulis. Baru aku ketik. Biasanya aku ngetik dulu di computer, nanti kalo udah selesai baru aku copy ke blog. Lumayan, hemat gitu.
Misalnya, udah selesai ni aku ngetik. Semua yang pengen aku tulis, udah aku tulis semua. Tapi, akunya males. Males buka internetnya. Males postingnya. Dan males-males yang laennya lah. Akhir-akhirnya, ga jadi juga deh di posting. Padahal, aku udah ada bahannya.
Nah, ini lagi ni. Misalnya, aku udah selesai ngetik, terus ceritanya aku lagi bersemangat nih nge-blog. Eeehh.. besoknya ada tugas numpuk. Yaa.. aku harus nyelesain tugas dulu doong. Ya kan? Nah lho, gajadi lagi deh postingnya.
Kalo ini hambatan yang terakhir. Bahan yang diketik udah ada, keinginan buat ngeblog lagi tinggi, besok lagi ga ada tugas. Naah.. jadi dong ngeBlog? Belum tentu, kawan. Ya bisa sih kalo mood orangtua lagi bagus. Kalo enggak, yaa gajadi lagi deh posting.
Hahaha, yaa mungkin itu baru beberapa hambatan-hambatan ngeBlog. Ga ada idelah, lagi maleslah, banyak tugaslah, ga diboleh ortu lah, itu kan wajar dan harus dimaklumi. Ya mau gimana lagi coba? Tapi, nge Blog itu asyik kok! Dan patut dicobaa!

genteng asyik

Genteng asyik

Hei, tau genteng kan? Itu lhoo.. nama lain dari atap. Di rumahku ada genteng yang asyik banget (menurutku).
Genteng di rumahku sebenernya sama-sama aja sama genteng biasanya. Warna oranye rada coklat dengan lengkungan khasnya. Tapi yang bikin asyik adalah tempatnya. Bukannya gentengku ada di tempat yang aneh. Genteng rumahku yaa tetep di atas rumah. Tetep jadi payung rumahku.
Genteng yang asyik ini ada di deket ruang cuci. Ruang cuci ada di lantai 2. Di sebelah kamarku. Di deket sana tuh ada genteng yang lebih rendah dari genteng lainnya. Panjangnya 12 genteng dan lebarnya 5 genteng. Di sekeliling genteng ada beberapa tanaman hias dalam pot. Genteng itu bisa kita panjat. Dan dari sana, kita bisa liat pemandangan komplek rumahku yang ternyata sangat bagus kalo diliat dari atas.
Aku sering banget naik ke genteng itu. Sekedar untuk main-main, nemenin mbak nyuci, atau sekedar mencari sinyal. Tidur-tiduran di genteng itu udah bukan suatu yang aneh bagiku. Genteng itu bersih kok, karena beberapa kali suka aku lap. Tapi, kalo lama-lama tiduran disitu rasanya sakit juga. Bikin punggung sakit. Makanya, aku sering bawa kasur lipat dan aku tiduran deh di sana. Ketiduran di sana? Seriiing!
Kalo tiduran di sana, pandangan kita langsung ke langit. Walaupun rada ketutup sama atap yang lebih tinggi sih, tapi tetep oke kok. Kalo ngeliat ke bawah, bakalan keliatan taman komplekku yang jauh lebih bagus kalo diliat dari atas. Aku juga sering ngeliatin orang-orang yang lagi jalan-jalan di bawah. Dan enaknya, mereka semua ga ada yang nyadar kalo ada yang lagi ngeliatin mereka. Hihi.
Kalo mau manggil orang yang lagi di bawah, juga gampang kok. Tereak aja! Pasti orangnya nengok. Aku sering kok neriakin abang-abang tukang kacang. Atau abang-abang tukang bakso yang lagi lewat. Cuma untuk sekedar bilang, kalo aku mau beli. Dan seringkali mereka keheranan. Kok ada ya anak cewe manjat-manjat genteng?

Puasa

Puasa.. Puasa..

Hei, semuanya! Kita udah masuk bulan puasa nih. Sejak tanggal 1 September, kita semua sebagai umat muslim sangat berbahagia untuk menyambut datanganya Bulan Suci Ramadhan.
Pasti ada deh orang yang bilang, “Yaa.. puasa lagi deeh”. Weits, tapi jangan salah. Puasa itu menyehatkan kok. Puasa juga melatih kita untuk bersabar, belajar menahan amarah dan juga nafsu. Nafsu makan kali ya yang utamanya. Hehe.
Di bulan ini, Allah SWT istilahnya tu mengobral pahala. Apa saja yang kita kerjakan selama puasa di bulan Ramadhan, dikasih pahala! Tentu saja kalau pekerjaan yang kita lakukan itu hal-hal yang positif. Orang yang tidur aja dapet pahala, apalagi yang baca Qur’an, bersedekah, dan menggiatkan solat coba? Wooh, pahalanya bejibun pasti. Banyak kok kegiatan yang bisa kita lakukan selama bulan puasa. Kita juga tetep bisa berolahraga kok. Tapi tentu saja, frekuensinya rada dikurangi. Maklum, badan kita kan ga diasupi makanan.
Nah, waktu sahur ni. Pasti rada banyak orang yang kalo bangun tu malees banget. Makannya jadi ga selera deh. Eeeh, siang-siangnya jadi laper. Makanya kalo mau sahur, cuci muka dulu sampe mata bener-bener melek. Selama sahur, banyak juga kok acara TV yang menghibur. Lumayan kan, jadi bisa ngelupain ngatuk. Tapi, makanannya jadi jangan dilupain gara-gara nonton. Abis sahur, sisakan waktu 5-10 menit sebelum adzan Subuh atau istilahnya imsak. Jangan lupa juga untuk berniat puasa.
Waktu buka puasa, jangan lupa berdoa. Minum dan makan yang manis-manis dulu. Biar perut rada keganjel. Nah, abis makan tajil, solat dulu lebih utama. Abis solat, baru lanjutin makan. Tapi, kalo emang udah ga tahan banget, ya udahlah makan aja. Daripada solatnya kaga khusyuk?
Selama puasa ni, pasti yang cewe-cewe ada puasanya yang bolong. Nah, selama puasa cewe-cewe yang lagi ga puasa itu sudah sepatutnya menghormati yang sedang berpuasa. Dengan cara tidak makan atau minum di depan orang yang sedang berpuasa tentu saja. Kalau bisa, orang yang berpuasa itu tidak tahu kalau kita sedang tidak berpuasa.
Yah, begitulah tentang puasa. Itu semua cuma yang setahu aku aja lhoo.. Jadi maaf, maaf saja kalo ada yang salah atau kurang berkenan di hati. Selamat Puasa! :D

2TU Buat Verrys Yamarno - Mahar

Nah, khusus untuk Verrys Yamarno alias Mahar di film, aku buatin artikel khusus nih. Entah kenapa, sejak aku ngeliat katingnya di Laskar Pelangi The Movie, aku sudah jatuh cinta pada aktingnya. Gayanya yang urakan dan malah cenderung berantakan, sebenernya makin memperlihatkan jiwa seni yang memang dimilikinya. Kan emang biasanya seniman-seniman gitu gayanya emang berantakan kan?

Akting Verrys menurut aku meyakinkan banget, dan membuat aku membayangkan kalau Veris itu emang bener-bener Mahar. Agak aneh juga kalau membayangkan kalau sehari-harinya ia dipanggil Veris, bukan Mahar.

Kebiasaannya untuk membawa-bawa radio merupakan hiburan tersendiri buat aku. Lucu aja gitu, ke sekolah bawa-bawa radio. Kayaknya cinta banget gitu sama radionya. Belum lagi kalau batrenya habis, dia bukannya membeli batre baru tapi malah menjemur batre lamanya agar dapat dipakai lagi. Maklum lah, ceritanya kan dia bukan orang berkecukupan.

Segala musik yang menurutnya enak, bakalan dia dengerin dari radio bututnya. Dan kalo udah mendapatkan lagu yang pas, dia bakalan dengerin radio itu persis di samping telinganya sambil menggoyang-goyangkan kepalanya mengikuti irama lagu. Melihat ia bertingkah begitu, rasanya aku juga jadi pengen menggerakkan badan. Biasanya dia dengerin radio sambil duduk di atas pohon.

Mahar di film juga selalu memanggil teman-temannya dengan sebutan “Boy”. Ditambah dengan senyumnya yang khas banget. Yaitu mengangkat kepalanya ke atas, lalu tersenyum selayaknya bos yang puas dengan hasil karya anak buahnya. Huwaaa, bikin pengen nyubit.

Salah satu adegan film yang paling aku suka yaitu pas Mahar lagi cari inspirasi buat karnaval 17 Agustusan. Ia berlari-lari, melompat-lompat, berteriak-teriak di sebuah padang rumput. Sambil bertingkah begitu, ia juga memasang daun pisang di kepalanya dan memukul-mukul rebana. Angin yang keliatannya kencang, membuat rambut dan rumput-rumput di sekitarnya tampak menari-nari bersamanya. Ah, adegan itu emang keren banget! Sama juga pada saat kesepuluh Laskar Pelangi menari untuk karnaval.

Adegan yang aku suka lainnya yaitu pada saat Ikal sedang jatuh cinta pada A Ling. Di situ, mahar menyanyi Bunga Seroja dengan diiringi jogetan teman-temannya yang berkoor “Aaah..”. Udah berasa film India deh.

O ya satu lagi, adegan yang aku suka dari Mahar. Yaitu pas lagi lomba cerdas cermat. Disitu ada juru foto yang memfotonya. Gawatnya, gara-gara terkena jepretan kamera itu, Mahar jadi lupa dengan jawaban yang mau dia jawab. Aduh, lucu banget muka Verrys waktu itu.

Satu hal lagi yang kutahu tentang Veris adalah dia emang suka nyanyi Melayu. Jadi jangan terkaget-kaget kalau dia pede-pede aja disuruh nyanyi di film Laskar Pelangi.

Mungkin kalau disuruh milih actor terfavorit untuk film Laskar Pelangi, aku bakalan jawab Verrys Yamarno. Bukan hanya karena aktingnya yang udah bikin aku terkagum-kagum. Tapi karena aku juga suka senyumnya. Waktu di film kan, giginya masih ompong tuh, nah lucu aja gitu ngeliat dia senyum sambil memperlihatkan giginya itu. Menurut aku juga, Verrys itu ganteng kok. :D

Laskar Pelangi The Movie

Laskar Pelangi The Movie udah beredar mulai tanggal 25 September 2008. Film yang disutradai Riri Riza ini diramalkan bakalan laris manis seperti bukunya yang ditulis oleh Andrea Hirata. Dan aku rasa ramalan itu tepat juga. Ditambah lagi, film ini diproduseri oleh Mira Lesmana. Wah, kebayang ga tuh serunya?

Jujur kaja, sebelum aku nonton filmnya, aku rada takut juga. Takut apa yang ada di film dengan yang ada di buku itu beda jauh. Aku sudah beberapa kali menonton film yang diangkat dari buku, dan ternyata yang aku dapat cuma perasaan kecewa. Makanya, aku berharap besar banget sama film ini.

Di film Laskar Pelangi, ada juga artis-artis yang emang udah “punya nama”. Kayak Cut Mini Theo, Rieke Dyah Pitaloka, Lukman Sardi, Ikranagara, Slamet Rahardjo, Tora Sudiro, dan masih banyak lagi. Tentu saja, artis-artis ini sudah berpengalaman dalam memainkan suatu peran. Misalnya saja, Cut Mini yang berperan sebagai Bu Mus. Dari apa yang aku lihat, Cut Mini udah memerankan Bu Mus dengan baik. Rasa kesabaran dan ketangguhannya untuk mengajar sangat terasa saat ia memainkan perannya. Tapi, di film ini mereka semua tidak menjadi pemeran utamanya. Karena seluruh pemeran utamanya dimainkan oleh anak Belitong asli yang berbakat ini.

Pemeran utama yang sangat utama, yaitu Ikal (Andrea Hirata) saat masih kecil, diperankan sangat baik oleh Zulfani Fasa. Anak seorang tukang jam keliling yang siapa sangka kini ia bisa main film layar lebar di saat ia baru berkenalan dengan dunia pertelevisian. Zulfani berakting seakan ia memang sudah biasa menjalankan kegiatan itu. Tidak jauh berbeda dengan artis-artis cilik Jakarta yang sering muncul di televisi.

Peran si jenius Lintang dimainkan oleh Ferdian. Menjalani peran seseorang yang memang ditakdirkan jenius memang susah. Karena itulah, entah kenapa aku merasa, Lintang yang digambarkan di film tidak kelihatan sepintar yang diceritakan Andrea di bukunya. Tapi, itu bukanlah masalah. Karena adegan-adegan lainnya berhasil dimainkan Ferdian dengan mulus. Misalnya, saat ia harus mengayuh sepedanya sejauh 40 km untuk mencapai sekolahnya, jujur nih aku suka ngerasa trenyuh kalau ngelihat adegan itu.

Kebalikan dari Lintang tentulah Mahar. Bukan berarti kalau Lintang jenius, kebalikannya berarti... Mahar bodoh? Bukaaan!! Mahar juga jenius, tapi di bidang lain. Yaitu di bidang kesenian. Dan peran ini dimainkan sukses oleh Veris Yamarno. Veris memainkan perannya dengan sangat meyakinkan. Jiwa seni Mahar seakan-akan dibiaskan oleh Veris. Sangat kerasa! Apalagi di adegan saat Mahar diharuskan menentukan tema untuk karnaval 17 Agustus, Veris memainkan perannya sangat baik dengan berlari-lari di sebidang tanah. Kebiasaannya membawa radio kemana-mana dan juga memanggil teman-temannya dengan sebutan “Boy” merupakan hiburan tersendiri buat aku saat menonton film Laskar Pelangi.Di salah satu adegan film, Veris memang sempat menyanyi, jangan heran kalau suaranya emang bagus. Ternyata Veris memang penyanyi Melayu beneran!

Teman-teman Ikal yang lain seperti Sahara (Dewi Ratih Ayu Safitri), A Kiong (Suhendri), Kucai (Yogi Nugraha), Borek (Febriansyah), Syahdan (M. Syukur Ramadan), Trapani (Suharyadi Syah Ramadan) dan Harun (Jeffry Yanuar) juga diperankan dengan sangat baik. Mereka memainkan perannya seakan-akan itu memang cerita mereka. Kisah hidup mereka. Akting mereka kelihatan sangat alami, tidak dibuat-buat dan seakan-akan tidak membaca naskah. Mungkin ini kali ya yang disebut bakat?

Film yang diproduksi oleh Miles Film Production & Mizan Production ini didukung oleh lagu soundtrack yang bikin kita tambah merinding karena terharu. Penyanyi-penyanyi dan band seperti Nidji, Netral, Gugun “Gugun & the Bluesbug”, Gita Gutawa dan Sherina ikut nimbrung nyanyi untuk film ini. Misalnya lagu Laskar Pelangi yang dinyanyikan Nidji, lagu Tak Perlu Keliling Dunia dari Gita Gutawa dan Sahabat Kecil dari Ipang dapat kita nikmati di film spektakuler ini. Jangan lupa juga dengerin lagu Melayu yang berjudul Bunga Seroja yang dinyanyikan Veris Yamarno, sang pemeran Mahar saat menemani Ikal yang sedang jatuh cinta.

Syuting film ini, semuanya dilakukan di Belitong. Ini juga permintaan dari sang penulis, Andrea Hirata. Proses syutingnya cukup lama juga yaitu dari 22 Mei sampai 3 Juli 208.

Selama menonton film ini, ekspresi yang aku tampilkan berbeda-beda. kadang jadi senyum-senyum sendiri, kadang tertawa, kadang menampilkan muka kasihan, sampai yang namanya menitikkan air mata. Hal ini membuktikan bahwa film ini sudah berhasil menyentuh emosi sang penonton. Sama seperti bukunya. Jujur, aku ga merasa menyesal sedikit pun telah menonton film ini.

Ada banyak adegan yang membuat aku menobatkan adegan itu sebagai adegan paling keren dalam ingatanku. Seperti:
1. Waktu kesepuluh Laskar Pelangi berlarian di antara bebatuan untuk bisa melihat pelangi. Pengen banget rasanya ngerasain kayak gitu juga..
2. Pas kesepuluh Laskar Pelangi main perosotan pake pelepah pisang. Menyenangkan melihat mereka tertawa gitu
3. Waktu Mahar nyanyi dan teman-temannya yang lain berjoget sambil bilang “Aaaahh...”. Lucu banget!
4. Pas Ikal dan teman-temannya kegatelan waktu karnaval 17 Agustusan!
5. Pada saat cerdas cermat, Mahar udah mau ngejawab tapi gara-gara difoto, dia jadi kaget dan lupa mau jawab apa. Lucuu!
6. Di akhir film, diliatin kayak flashback waktu mereka semua masih sekolah dan dipimpin Bu Mus untuk menyanyikan lagu rukun iman sambil bertepuk tangan. Sooo sweet..


Laskar Pelangi – Nidji


Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Laskar Pelangi
Tak kan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa

Reff:
Berlarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia
Selamanya

Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita

*Reff

Laskar Pelangi
Tak kan terikat waktu

Buku Laskar Pelangi

Udah baca buku Laskar Pelangi? Tentunya aku ga berlebihan kalau mengatakan buku ini tu keren banget. Sangat menggugah. Menggetarkan hati. Mengispirasi orang. Hanya dengan membaca kisah tentang 10 murid SD Muhammadiyah di Belitong yang mempunyai semangat tinggi untuk bersekolah tapi ditahan oleh biaya. Sama seperti anak-anak kebanyakan, jiwa kekanak-kanakan mereka yang suka bermain juga pasti ada. Dan salah satu kegiatan yang paling mereka senangi adalah memandangi pelangi di kala hujan sudah reda. Itulah asal-usul nama Laskar Pelangi.

Andrea Hirata, sang penulis, juga termasuk anggota dalam Laskar Pelangi ini. Tentu saja di buku Laskar Pelangi, ia berperan sebagai tokoh Aku. Jadi semua adegan di buku ini ditulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan dipikirkan oleh beliau. Tapi Andrea sudah membuktikan bahwa dirinya adalah penulis handal. Semua peristiwa-peristiwa yang ia ceritakan di buku ini begitu nyata. Seakan-akan saat kita membacanya, kita juga diajak ke tempat itu.

SD Muhammadiyah adalah sekolah pertama atau malah satu-satunya sekolah Islam di Belitong. Sekolah itu pun sudah reyot dan pokoknya udah ga layak lagi deh. Jadi murid-murid yang ditampung disitu pun hanya sedikit. Seperti misalnya pada angkatan Andrea, yang hanya ada 10 siswa saja. Jadi, jangan salah menyangka kalau Laskar Pelangi itu nama geng atau suatu komunitas. Bukan. Yaa, emang pada dasarnya satu sekolah emang cuma bersepuluh.

Di sekolah itu, ada seorang guru yang berhati mulia. Namanya adalah Bu Muslimah. Beliau mengajar semua mata pelajaran di sekolah itu. Namun, beliau tidak sendirian. Ada juga Pak Harfan. Sang kepala sekolah, sekaligus juru cerita yang sangat disukai anak-anak. Pak Harfan juga masih ada hubungan keluarga dengan Bu Muslimah. Dan menurut aku, mereka berdua adalah orang yang hebat. Mereka dapat mempertahankan sekolah Muhamadiyah cuma berdua. Dan menurutku, mereka juga beruntung. Karena diberi kesempatan untuk mengajar kesepuluh anak-anak istimewa Belitong.

Emang apa sih keistimewaan siswa-siswa itu? Banyaak! Ni aku ceritain satu-satu:
Lintang, adalah seorang kuli kopra cilik yang duduk sebangku dengan Ikal (Andrea Hirata). Ia adalah murid jenius didikan alam. Berkatnyalah, Ikal dan kawan-kawan dapat memenangkan lomba Cerdas Cermat. Namun tak dapat dimungkiri bahwa keluarganya juga sangat miskin. Ayahnya adalah seorang nelayan yang harus menghidupi 14 orang di rumah Lintang. Untuk menuju ke sekolah pun, ia harus menempuh jarak 80 km pulang pergi menggunakan sepeda. Dan jangan membayangkan kalau jalan yang dilauinya itu jalan beraspal. Bukaan. Ia harus melewati hutan-hutan, bahkan kawasan yang ada buayanya. Hiii...

Mahar, adalah pesuruh tukang parut kelapa yang mempunyai pemikiran seni yang hebat. Nilai tertinggi selalu didapatnya dalam pelajaran kesenian. Kalau ia menyanyi, hati akan terbawa dalam tema nyanyiannya. Gaya pikirannya tak logis tapi kreatif dan penuh imajinasi. Sayang, ia hidup dalam kehidupan yang buta seni. Terkadang, dia sering diremehkan oleh teman-temannya. Tapi, ia bisa membalas semua itu dalam karnaval 17 Agustus yang akhirnya juga menghadiahkan sebuah piala untuk SD Muhammadiyah. Dan satu lagi, ia sangat tertarik pada dunia ilmu gaib atau perdukunan dan semacamnyalah.

Kucai, sang ketua kelas. Ia adalah ketua kelas abadi. Karena, tidak ada yang mau menggantikannya. Otaknya tidak seencer Lintang, tapi gaya bicaranya sangat sok tahu. Ini adalah bekal yang bagus untuk menjadi seorang anggota partai politik bukan?

Trapani, seorang anak yang sangat tampan. Kulitnya putih dan merupakan tipe-tipe idola wanita. Tapi, ia tak bisa hidup tanpa ibunya. Ia bergantung pada ibunya. Sangat bergantung. Di salah satu cerita ia bahkan tidak mau mengikuti konser jika ia tidak melihat ibunya datang.

Syahdan, seorang anak dengan perawakan kecil. Teman setia Ikal dikala disuruh Bu Mus membeli kapur tulis di Toko Sinar Harapan. Cita-citanya adalah menjadi aktor. Dan sampai dewasa pun, ia tak pernah melepas cita-cita itu.

Sahara, satu-satunya kaum hawa diantara teman-temannya. Ia sangat menjaga auratnya. Dan sangat tegas dalam hal kejujuran. Ia selalu berprinsip bahwa kita harus selalu berkata jujur walaupun itu menyakitkan. Musuh bebuyutannya adalah A Kiong. Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata mereka berjodoh?

A Kiong, murid bermata sipit yang merupakan non-muslim. Entah apa yang dipikirkan orangtuanya saat memasukkannya ke SD Muhammadiyah. Tapi akhir-akhirnya ia juga jadi masuk Islam. Di hari pertama sekolah, ia satu-satunya anak yang tidak mau (atau mungkin tidak bisa kali ya) memperkenalkan dirinya di depan kelas.

Borek, atau lebih sering disebut Samson. Tentu saja karena badannya yang berotot. Semenjak melihat gambar pria berotot di suatu kaleng, satu-satunya obsesi yang ada di dirinya adalah membesarkan otot-otonya agar terlihat macho. Gawatnya, ia membesarkan otot-ototnya bukan dengan latihan angkat barbel atau semacamnya. Ia memakai caranya sendiri yang sudah termasuk dalam perbuatan gila!

Harun, sang penyelamat SD Muhammadiyah. Karena tanpanya, sekolah ini akan ditutup karena kekurangan murid. Harun adalah anak keterbelakangan mental. Satu-satunya hal yang bisa diceritakannya adalah tentang kucingnya. Dan satu-satunya hal yang bisa ditanyakannya adalah kapan libur lebaran itu tiba.

Flo, anggota baru dalam Laskar Pelangi. Ia baru muncul di pertengahan cerita. Tidak seperti teman-temannya, ia bukan berasal dari keluarga miskin. Ia berasal dari keluarga berkecukupan, sangat berkecukupan malah. Barang-barang yang dipakai atau dibawanya selalu membuat kagum teman-temannya. Sama seperti Mahar, Flo juga sangat tertarik dalam dunia-dunia perdukunan dan kawan-kawannya itu. Jadi, kemanapun Mahar pergi pasti ada Flo di sampingnya.

Beberapa hal yang aku certain itu, belum apa-apa kalau belum baca bukunya. Buku ini sudah beredar, bahkan dari awal tahun 2008. Dan sampai sekarang, buku ini masih beredar. Sampulnya bergambar anak-anak yang sedang bermain di pinggiran pantai dengan dilatari langit sunset yang didominasi warna pink. Terakhir aku lihat di toko buku, harga buku ini adalah Rp 69.000,-. Kalo harga yang terbarunya, aku ga tahu.

Buku ini terdiri dari 534 halaman, belom ditambah ini itu.Dua halaman paling awal berisi tentang pujian-pujian untuk buku Laskar Pelangi. Delapan belas halaman terakhir, terdapat Glosarium. Berisi tentang kata-kata sulit yang ditulis Andrea di dalam bukunya. Sangat berguna, buat kamu-kamu yang ga tau apa itu Mannequin Piss sampe apa itu kopra.
Selamat Membaca! :D

17 septembre 2008

Suka Duka Nge-Blog

Blog udah dianggep kayak diary sendiri. Tapi bedanya, diary yang ini ada di dalam media elektronik dan semua orang bisa membacanya.Ga cuma pengalaman, blog juga bisa berguna untuk saling berbagi informasi.Kayak referensi buku, lirik lagu, atau tutorial.

Dalam membuat blog, tentu aja ada suka dan dukanya.Sukanya tentu saja karena kita bisa belajar menulis. Kita bisa menuliskan apa yang ada di pikiran kita. Tentu saja rasanya akan jadi lebih lega, daripada hanya dipendem di dalem hati. Trus, kita juga bisa nambah-nambah pahala. Caranya? Yaa kita posting hal-hal yang bermanfaat dalam blog kita. Contohnya tutorial, yang tentu saja dibutuhkan banyak orang. Kan lumayan, kita bisa ikut membantu orang dengan blog kita.

Dalam membuat sesuatu, pasti ada saja hambatan. Begitu juga dalam ngurusin blog. Kadang-kadang rasa malas itu suka muncul. Walaupun, sebenernya kita punya bahan yang bagus buat di-posting. Trus, hambatan yang lain misalnya dari orang tua. Orang tua tentu saja kadang membatasi kapan saja kita boleh nge-Blog.

Itu baru beberapa aja kesan-kesan tentang Blog. Tapi, blog itu memang asyik kok. Banyak manfaatnya juga. Walaupun, dukanya juga tetep ada.. Ga ada ruginya nge-Blog. Karena Blog itu asyik!

Tutorial Photoshop CS 2

1.1. Apa itu Adobe Photoshop?
Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan Adobe Photoshop ini banyak dilihat di berbagai website, brosur, koran, majalah, dan media lainnya.

1.2. Mengenal Area Kerja

Jalankan Adobe Photoshop kemudian pilih menu File -> Open. Kemudian pilih buka gambar apa saja. Sebagai contoh di buka gambar zhaow.jpg yang ada pada CD Tutorial bagian BAB I (lihat gambar)


Seringkali letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah berubah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. Untuk mengembalikan letak palette ini gunakan menu Windows -> Workspace -> Reset Palette Location.

Area kerja Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar 1.1, yaitu:

A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.

B : Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.

C : Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.

D : Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.

E : Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.

F : Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.

1.3. Praktek Bab 1

1.3.1. Membuka dokumen dan membuat duplikat dokumen

Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.

1.3.2. Mengubah ukuran gambar dan kanvas

Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.

1.3.3. Mencoba ToolBox

Cobalah tool-tool pada ToolBox, satu persatu akan dibahas pada bab berikutnya. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.

1.3.4. Mencerminkan dan Memutar Gambar

Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.

1.3.5. Undo

Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.

1.3.6. Memindahkan gambar ke dokumen lain

Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.

1.3.7. Save for web

Gunakan menu File -> Save for Web untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil yang biasa digunakan pada web site.

BAB II - SELECTION & TOOL

2.1. Menyeleksi Gambar
Menyeleksi berarti memilih bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah, menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa mempengaruhi bagian lain.

Ada tiga cara menyeleksi yaitu:
1.Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2.Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3.Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.

Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar), yaitu:
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.

2.3. Praktek Bab II

2.3.1. Rectangular Marquee Tool

Gunakan rectangular marquee tool untuk memotong gambar dalam bentuk kotak. Gunakan menu Select -> Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman pinggiran potongan.

2.3.2. Elliptical Marquee Tool

Digunakan untuk membuat seleksi elips atau lingkaran. Anda dapat menggunakan Select -> Transform Selection (atau klik kanan) untuk mengubah bidang yang mau diseleksi. Gunakan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman tepi gambar. Gunakan Select -> Inverse untuk membalik seleksi.

2.3.3. Lasso Tool

Seleksi ini digunakan untuk menyeleksi bentuk bebas dengan mouse.

2.2. Tool-tool yang lain

2.3.4. Polygonal Lasso Tool

Polygonal Lasso Tool digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki tepi garis lurus, misalnya piramida pada gambar 2.5. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa. Contoh gambar hasil seleksi piramida diperkecil dan diletakkan pada sudut kanan bawah.

2.3.5. Magnetic Lasso Tool

Magnetic Lasso Tool penggunaanya cukup mudah, karena dengan tool ini seleksi gambar akan secara otomatis membuat garis seleksi pada gambar yang berwarna kontras.

2.3.6. Magic Wand Tool

Magic wand tool akan menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.

2.3.3. Crop Tool

Crop tool digunakan untuk menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh penggunaanya di sini digunakan untuk memperbaiki hasil scan yang miring.

2.3.3. Healing Brush Tool

Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki gambar pada bagian tertentu. Aktifkan tool ini, kemudian tekan Alt + Klik pada objek pada bagian yang tidak berkeriput, kemudian klik pada bagian yang keriputnya ingin dihilangkan.

2.3.4. Spot Healing Brush Tool

Spot Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki kerusakan gambar. Di sini Anda tidak perlu menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara otomatis terpilih dari area di sekitarnya. Misalnya digunakan untuk menghilangkan keretakan pada patung seperti pada gambar 2.10.
Tool ini merupakan tool baru pada Adobe Photoshop CS2 yang tidak ada pada versi sebelumnya.

2.3.5. Patch Tool

Patch Tool digunakan untuk memperbaiki gambar. Tool ini dibuat dengan cara membuat selection dengan mouse atau dengan menahan tombol ALT untuk menghasilkan bentuk poligonal. Selanjutnya drag ke daerah yang akan dijadikan patokan perbaikan.

2.3.6. Red Eye Tool

Red Eye Tool digunakan untuk memperbaiki warna merah pada mata.

2.3.7. Clone Stamp Tool

Clone Stamp Tool digunakan untuk membuat duplikat area pada gambar, atau yang disebut cloning. Tekan ALT pada objek yang akan dikloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat objek baru mau diletakkan.

2.3.8. Background Eraser Tool

Tool ini digunakan untuk menghapus background yang memiliki kemiripan warna. Misalnya digunakan untuk menghapus background langit pada gambar kupu-kupu.

2.3.9. Magic Eraser Tool

Seperti Background Eraser Tool, tool ini akan menghapus area dengan warna sama, namun efeknya adalah ke seluruh gambar, bukan hanya area yang diklik.

2.3.10. Color Replacement Tool

Color Replacement Tool akan mengubah warna gambar tanpa mengubah bentuk dari gambar tersebut. Tool ini akan secara otomatis hanya mengubah area dengan warna sama menjadi warna lain yang dikehendaki.

2.3.11. Blur, Sharpen, dan Smugde Tool

Blur Tool digunakan untuk mengaburkan area. Misalnya digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah. Sharpen Tool merupakan kebalikan dari Blur Tool. Dengan Sharpen Tool, gambar akan menjadi lebih tajam. Smugde Tool digunakan untuk mengubah bentuk gambar dengan cara drag mouse.

2.3.12. Dogde, Burn, dan Sponge Tool

Dogde Tool digunakan untuk membuat area menjadi lebih terang. Burn Tool digunakan untuk mempergelap area. Spong Tool digunakan untuk mencerahkan (saturate) atau mengurangi warna (desaturate).

BAB III - PERMAINAN WARNA

3.1. Sekilas mengenai warna

Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Pada bab ini akan dibahas mengenai permainan warna, mulai dari mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur brightness & contrast, dan masih banyak lagi tool-tool yang menarik. Pada subbab selanjutnya Anda dapat langsung praktek dengan didampingi instruktur.

3.2. Paint Bucket Tool

Paint Bucket Tool digunakan untuk mengganti background yang memiliki warna sama atau mirip. Background dapat diganti dengan pattern.

3.3. Gradient Tool

Gradient tool digunakan untuk menghasilkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas terisi dengan gradasi.

3.4. Brush Tool

Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.

3.5. Brightness/Contrast

Brightness digunakan untuk mengatur kecerahan gambar. Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman gambar. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast.

3.6. Level

Level berfungsi mirip dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. Level dapat bekerja pada selection atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Level.

3.7. Curves

Curves bekerja seperti level, namun Anda mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau diatur sendiri-sendiri untuk tiap-tiap warna.

3.8. Color Balance

Melalui menu Image -> Adjustment -> Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.

3.9. Photo Filter

Photo filter digunakan untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di depan lensa kamera. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Photofilter.

3.10. Replace Color

Replace Color digunakan untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak ikut berubah. Misalnya untuk mengganti warna apel dengan tanpa mengubah warna background. Gunakan menu Image -> Adjusments -> Replace Color.

3.11. Hue/Saturation

Hue/Saturation digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna, sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada chanel master, atau tiap-tiap warna.

3.12. Match Color

Match Color akan menyamakan warna gambar source kepada gambar yang akan diubah. Misalnya di sini akan diubah gambar danau3.jpg, menjadi suasana matahati terbit seperti gambar acuan. Gunakan tool ini melalui menu Image -> Adjustment -> Match Color.

BAB IV - TEKS DAN VEKTOR

4.1. Horisontal Type Tool

Horisontal Type Tool digunakan untuk membuat teks secar horisontal. Hasil teks dapat dipindahkan dengan Move Tool.

4.2. Horisontal Type Mask Tool

Horisontal Type Mask Tool digunakan untuk menyeleksi dalam bentuk teks.

4.3. Pen Tool

Peen Tool digunakan untuk membuat garis lurus dan garis lengkung dalam bentuk vektor. Klik sekali untuk membuat anchor point, kemudian jika kurva telah terbentuk, drag anchor point untuk membuat direction point. Path yang dibuat oleh Pen Tool dapat diubah menjadi selection.

4.4. Rectangle, Ellipse, Poligon, dan Custom Shape Tool

Tool ini berguna untuk menghasilkan bentuk kotak (rectangle), ellips, poligon, dan berbagai macam bentuk lain yang telah disediakan oleh Adobne Photoshop. Bentuk-bentuk tersebut misalnya hati, lampu, not balok, dan lain sebagainya.

BAB V - LAYER, MASK, DAN STYLE

5.1. Memahami Layer

Layer adalah lapisan tembus pandang. Bagian yang tidak bergambar pada sebuah layer bersifat transparan. Layer dapat ditumpuk dan diatur susunannya. Dengan menggunakan layer, efek-efek akan berlaku dalam layer tertentu saja, tanpa mengganggu layer yang lain.

5.2. Quick Mask Mode

Quick Mask Mode digunakan untuk menyeleksi dengan menggunakan Brush Tool. Aktifkan tool ini dengan menekan tombol Q pada keyboard atau memilih tool Quick Mask Mode.

Pada contoh ini, gambar beruang di seleksi dengan menggunakan Brush Tool pada mode quick mask. Setelah gambar beruang terseleksi, kembalikan ke mode normal untuk menghasilkan seleksi gambar beruang.

5.3. Layer Mask

Layer Mask digunakan untuk menyembunyikan bagian tertentu pada layer. Gunakan warna hitam untuk menyembunyikan gambar dan warna putih untuk menampilkan gambar.

5.4. Layer Style

Layer Style merupakan teknik memberikan efek tertentu pada suatu layer. Pilih tool Add Layer Style yang ada pada sudut kanan bawah pallete.

BAB VI - EFEK KHUSUS PHOTOSHOP

6.1. Filter Liquify

Filter Liquify dapat mengubah gambar secara langsung dengan menggunakan mouse. Misalnya memperbesar/memperkecil mata, menggeser alis, dan sebagainya. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Liquify.

6.2. Filter Vanishing Point

Filter Vanishing Point digunakan untuk meng-klone gambar dalam bentuk perspektif. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Vanishing Point. Area sumber kloning ditentukan dengan menekan Alt + Click. Fitur merupakan fitur baru dalam Adobe Photoshop CS2.

6.3. Filter Blur

Filter Blur digunakan untuk mengaburkan gambar. Yang menarik dalam filter ini adalah mengaburnya gambar dapat dibuat secara radial. Gunakan filter ini melalui menu Filter -> Blur.