23 janvier 2008

JAMUR

KLASIFIKASI JAMUR


Jamur merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof, tipe sel: sel eukarotik. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa,
hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium. Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada pula dengan cara generatif.

JAMUR DIBAGI MENJADI 6 DIVISI :
1. MYXOMYCOTINA (Jamur lendir)
• Myxomycotina merupakan jamur yang paling sederhana.
• Mempunyai 2 fase hidup, yaitu:
- fase vegetatif (fase lendir) yang dapat bergerak seperti amuba, disebut plasmodium
- fase tubuh buah
• Reproduksi : secara vegetatif dengan spora, yaitu sporakembara yang disebut myxoflagelata.
Contoh spesies : Physarum polycephalum


2. OOMYCOTINA
• Tubuhnya terdiri atas benang/hifa tidak bersekat, bercabang-cabang dan mengandung banyak inti.
• Reproduksi:
- Vegetatif : yang hidup di air dengan zoospora yang hidup di
darat dengan sporangium dan konidia.
- Generatif : bersatunya gamet jantan dan betina membentuk
oospora yang selanjutnya tumbuh menjadi individu baru.
Contoh spesies:
a. Saprolegnia sp. : hidup saprofit pada bangkai ikan, serangga
darat maupun serangga air.
b. Phytophora infestans: penyebab penyakit busuk pada kentang.


3. ZYGOMYCOTINA
• Tubuh multiseluler.
• Habitat umumnya di darat sebagai saprofit.
• Hifa tidak bersekat.
• Reproduksi:
- Vegetatif: dengan spora.
- Generatif: dengan konyugasi hifa (+) dengan hlifa (-) akan
menghasilkan zigospora yang nantinya akan tumbuh menjadi
individu baru.
Contoh spesies:
a. Mucor mucedo : biasa hidup di kotoran ternak dan roti.
b. Rhizopus oligosporus : jamur tempe.

4. ASCOMYCOTINA
• Tubuh ada yang uniseluler dan ada yang multi se lul er.
• Ascomycotina, multiseluler, hifanya bersekat dan berinti banyak.
• Hidupnya: ada yang parasit, saprofit, ada yang bersimbiosis
dengan ganggang membentuk Lichenes (Lumut kerak).
• Reproduksi:
- Vegetatif : pada jamur uniseluler membentuk tunas-tunas,
pada yang multiseluler membentuk spora dari konidia.
- Generatif: Membentuk askus yang menghasilkan askospora.
Contoh spesies:
1. Sacharomyces cerevisae:
sehari-hari dikenal sebagai ragi.
- berguna untuk membuat bir, roti maupun alkohol.
- mampu mengubah glukosa menjadi alkohol dan CO2 dengan
proses fermentasi.
2. Neurospora sitophila:
jamur oncom.
3. Peniciliium noJaJum dan Penicillium chrysogenum
penghasil antibiotika penisilin.
4. Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti
berguna untuk mengharumkan keju.
5. Aspergillus oryzae
untuk membuat sake dan kecap.
6. Aspergillus wentii
untuk membuat kecap
7. Aspergillus flavus
menghasilkan racun aflatoksin  hidup pada biji-bijian. flatoksin salah satu penyebab kanker hati.
8. Claviceps purpurea
hidup sebagai parasit padabakal buah Gramineae


5. BASIDIOMYCOTINA
• Ciri khasnya alat repoduksi generatifnya berupa basidium sebagai
badan penghasil spora.
• Kebanyalcan anggota spesies berukuran makroskopik.
Contoh spesies:
1. Volvariella volvacea :
jamur merang, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan
2. Auricularia polytricha :
jamur kuping, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan
3. Exobasidium vexans :
parasit pada pohon teh penyebab penyakit cacar daun teh atau
blister blight.
4. Amanita muscaria dan Amanita phalloides:
jamur beracun, habitat di daerah subtropis
5. Ustilago maydis :
jamur api, parasit pada jagung.
6. Puccinia graminis :
jamur karat, parasit pada gandum


6. DEUTEROMYCOTIN
Nama lainnya Fungi Imperfecti (jamur tidak sempurna) dinamakan demikian karena pada jamur ini belum diketahui dengan pasti cara pembiakan secara generatif.
Contoh : Jamur Oncom sebelum diketahui pembiakan generatifnya dinamakan Monilia sitophila tetapi setelah diketahui pembiakan generatifnya yang berupa askus namanya diganti menjadi Neurospora sitophila dimasukkan ke dalam Ascomycotina.
Banyak penyakit kulit karena jamur (dermatomikosis) disebabkan oleh jamur dari golongan ini, misalnya :Epidermophyton fluocosum penyebab penyakit kaki atlit, Microsporum sp., Trichophyton sp. penyebab penyakit kurap.
MIKORHIZA
Mikorhiza adalah simbiosis antara jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi, jamur yang dari Divisio Zygomycotina, Ascomycotina dan Basidiomycotina.

LICHENES / LIKENES
Likenes adalah simbiosis antara ganggang dengan jamur, ganggangnya berasal dari ganggang hijau atau ganggang biru, jamurnya berasal dari Ascomycotina atau Basidiomycotina. Likenes tergolong tumbuhan pionir/vegetasi perintis karena mampu hidup di tempat-tempat yang ekstrim

Kita telah mengenal jamur dalam kehidupan sehari-hari meskipun tidak sebaik tumbuhan lainnya. Hal itu disebabkan karena jamur hanya tumbuh pada waktu tertentu, pada kondisi tertentu yang mendukung, dan lama hidupnya terbatas. Sebagai contoh, jamur banyak muncul pada musim hujan di kayu-kayu lapuk, serasah, maupun tumpukan jerami. namun, jamur ini segera mati setelah musim kemarau tiba. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah mampu membudidayakan jamur dalam medium buatan, misalnya jamur merang, jamur tiram, dan jamur kuping.




CIRI-CIRI UMUM JAMUR
Jamur merupakan kelompok organisme eukariotik yang membentuk dunia jamur atau regnum fungi. Jamur pada umumnya multiseluler (bersel banyak).
Ciri-ciri jamur berbeda dengan organisme lainnya dalam hal cara makan, struktur tubuh, pertumbuhan, dan reproduksinya.


1. Struktur Tubuh

Struktur tubuh jamur tergantung pada jenisnya. Ada jamur yang satu sel, misalnyo khamir, ada pula jamur yang multiseluler membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnyojamur kayu.

Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah
Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa. Dinding ini menyelubungi membran plasma dan sitoplasma hifa. Sitoplasmanya mengandung organel eukariotik.
Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa. Septa mempunyai pori besar yang cukup untuk dilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapula hifa yang tidak bersepta atau hifa senositik.
Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahan sitoplasma.
Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria yang merupakan organ penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat.


2. Cara Makan dan Habitat Jamur

Semua jenis jamur bersifat heterotrof. Namun, berbeda dengan organisme lainnya, jamur tidak memangsa dan mencernakan makanan. Clntuk memperoleh makanan, jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya, kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen. Oleh karena jamur merupakan konsumen maka jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

a. Parasit obligat
merupakan sifat jamur yang hanya dapat hidup pada inangnya,
sedangkan di luar inangnya tidak dapat hidup. Misalnya, Pneumonia
carinii (khamir yang menginfeksi paru-paru penderita AIDS).

b. Parasit fakultatif
adalah jamur yang bersifat parasit jika mendapatkan inang yang
sesuai, tetapi bersifat saprofit jika tidak mendapatkan inang yang
cocok.

c. Saprofit
merupakan jamur pelapuk dan pengubah susunan zat organik yang
mati. Jamur saprofit menyerap makanannya dari organisme yang telah
mati seperti kayu tumbang dan buah jatuh. Sebagian besar jamur
saprofit mengeluar-kan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk
mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga
mudah diserap oleh hifa. Selain itu, hifa dapat juga langsung
menyerap bahanbahan organik dalam bentuk sederhana yang
dikeluarkan oleh inangnya.

Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken.
Jamur berhabitat pada bermacammacam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes.


3. Pertumbuhan dan Reproduksi

Reproduksi jamur dapat secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Secara aseksual, jamur menghasilkan spora. Spora jamur berbeda-beda bentuk dan ukurannya dan biasanya uniseluler, tetapi adapula yang multiseluler. Apabila kondisi habitat sesuai, jamur memperbanyak diri dengan memproduksi sejumlah besar spora aseksual. Spora aseksual dapat terbawa air atau angin. Bila mendapatkan tempat yang cocok, maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi jamur dewasa.

Reproduksi secara seksual pada jamur melalui kontak gametangium dan konjugasi. Kontak gametangium mengakibatkan terjadinya singami, yaitu persatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam dua tahap, tahap pertama adalah plasmogami (peleburan sitoplasma) dan tahap kedua adalah kariogami (peleburan inti). Setelah plasmogami terjadi, inti sel dari masing-masing induk bersatu tetapi tidak melebur dan membentuk dikarion. Pasangan inti dalam sel dikarion atau miselium akan membelah dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Akhimya inti sel melebur membentuk sel diploid yang segera melakukan pembelahan meiosis.

4. Peranan Jamur

Peranan jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak, baik peran yang merugikan maupun yang menguntungkan. Jamur yang menguntungkan meliputi berbagai jenis antara lain sebagai berikut.

a. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan
berprotein tinggi.

b. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu
dalam pembuatan tempe dan oncom.

c. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri
keju, roti, dan bir.

d. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik.

e. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.


Di samping peranan yang menguntungkan, beberapa jamur juga mempunyai peranan yang merugikan, antara lain sebagai berikut.

a. Phytium sebagai hama bibit tanaman yang menyebabkan penyakit
rebah semai.

b. Phythophthora inf'estan menyebabkan penyakit pada daun tanaman
kentang.

c. Saprolegnia sebagai parasit pada tubuh organisme air.

d. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian.

e. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paru-paru
manusia.

f. Candida sp. penyebab keputihan dan sariawan pada manusia.

Sumber : http://free.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/

TERIMAKASIH YA ALLAH .. (4)

(hmm postingan terakhir yang dibuat oleh my father di my blog, ahaha)

BANDUNG Euy..…

Saat aku kelas 5 semester 2, aku pindah dari Sorong ke Bandung. Keputusan pindah sekolah ke Bandung aku bicarakan dengan Ayah dan Bunda,karena Ayah masih harus dinas di Sorong, sedangkan aku merasa bahwa aku harus mendapatkan ilmu yang lebih baik dibanding aku harus terus bersekolah di Sorong. Di Bandung, aku tinggal bersama Eyang Akung dan Eyang Uti.

Di rumah eyang, aku punya kamar yang bagus. Warna dindingnya biru muda dan biru tua dan dihiasi border gambar Cinderella.
Disitu ada lemari bajuku yang kubikin waktu aku TK di Surabaya.Jadi ceritanya tuh lemari ikutan pindah juga!ha..ha.. Dan ada, juga meja rias yang selalu aku tengok sebelum berangkat sekolah.


Sejak di Bandung, aku sekolah di SD Islam Al-Azhar 30. Sekolah ini, bener-bener baru. Jadi, aku adalah kelas 5 pertama dan aku juga akan menjadi lulusan pertama dari SDI Al-Azhar 30.
Aku suka banget sama ruang kelasku waktu itu. Seluruh ruangannya dilapisi kerpet abu-abu, jadi kalau mau masuk harus buka sepatu dulu.Di depan kelasnya ada locker.Dulu, biasanya setiap pagi, aku taruh tas di locker trus buku-bukuku aku bawa taruh di laci meja, jadi gampang ngambilnya. Satu meja di kelasku untuk 1 orang. Mejanya bukan terbuat dari kayu. Tapi dari bahan plastik yang berwarna putih tulang, kalau kursinya berwarna ungu.

Wali kelasku namanya Pak Teddy. Beliau guru pertamaku sejak aku sekolah di Al-Azhar. Teman-temanku sekelasku itu cuma ada 13, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Karena perempuannya cuma 4, jadi mainnya ya berempat aja terus. Ada Ines, Lulu, Hasya dan aku. Dulu, aku sering mainnya sama Lulu dan Ines.

Tempat yang paling aku suka di Bandung waktu itu mal Istana Plaza(IP). Karena di mal itu ada tempat ice skating. Aku kan belum pernah main ice skating. Jadi, aku seneng banget ke sana. Apalagi, dulu waktu aku masih di Sorong, temenku Putri dan aku sering berkhayal berluncur dia atas es.Jadi, waktu pertama kali aku abis ice skating, aku langsung sms Putri.


Pertama kali aku main ice skating, sama kayak yang lainnya, kaku banget dan ga bisa jalan sama sekali.Sekalinya jalan ya jatuh…deh.., Aku bermain ice skating bersama dua sepupuku, Aldi dan Ajeng. Mereka sih memang lahir di Bandung besar di Bandung , dan mereka sudah bisa bermain ice skating karena ada ekskulnya dari sekolah mereka. Mereka sudah bisa berseluncur cepat dan kejar-kejaran saat itu sedangkan aku cuma bisa ngeliatin sambil pegangan di pinggir…

Akhirnya, aku coba ke tengah…Hahaha. perbuatan yang asli, nekat. ..tapi, hebat... Karena aku berani mencoba, sekarang sih aku sudah bisa. Malah sekarang aku bukan cuma bisa berseluncur cepat, aku sudah bisa berseluncur mundur dan loncat sambil berputar. Padahal,sejak aku pertama kali aku ice skating, aku ga pernah pakai pelatih, alias hanya otodidak alias belajar sendiri.

Setelah aku naik ke kelas 6. Sekolahku Al-Azhar pindah lokasi sekolah, sebelumnya berada di wilayah IPTN, kemudian pindah ke Jl. Tirtasari – Geger Kalong. Sebenernya, jadi makin jauh dari rumah, tapi aku tetep sekolah di Al-Azhar.
Seperti yang aku bayangkan, karena kepindahan lokasi sekolah itu, akhirnya banyak temanku yang pindah sekolah. Kebanyakan alasannya karena jauh. Sehingga, teman sekelasku yang sebelumnya aku sekelas dengan 13 anak, sekarang tinggal 11anak ditambah anak baru dari Jakarta yang namanya Astrie Nuriman, atau dipanggil Gadys.
Di tempat yang baru, sekolahku jadi tambah besar. Ruang kelasku juga besar, jadi locker-locker ada di dalam kelas. Tapi, karena gede banget, jadinya karpet tidak melapisi seluruh ruangan. Hanya di tengah-tengahnya aja. Tapi, aku jauh lebih suka kelasku yang baru. Guruku kelas 6 namanya Bu Eka,adalah guru yang berbakat banget jadi desainer interior. Ruang kelasku disulap jadi kayak di ruang angkasa. Langit-langitnya ditempeli kain berwarna hitam yang ditempeli gambar-gambar rasi bintang dan namanya. Jadi, kalau lagi stress tinggal ngeliat ke atas, jadi menambah inspirasi lho. Trus ruangan kelas yang masih kosong ditempeli dengan foto-foto pahlawan. Tapi, bu eka ga mau menempel foto-foto yang udah tinggal beli di toko, kita sendiri yang harus menggambar pahlawan. Trus yang paling bagus ditempelin. Trus, kayak nama-nama bulan Hijriyah ditulis di karton yang dibentuk menjadi bentuk ruang angkasa.

Pemilihan ketua kelas di kelasku juga unik. Pemilihannya dibuat semirip pemilihan presiden. Lengkap dengan tempat nyoblosnya. Para calonnya pun harus berpidato tentang janji-janji mereka jika mereka terpilih. Sekalian belajar juga sih sebenernya,kita jadi tau gimana cara pemilihan presiden.

Aku belajar untuk mandiri dengan tidak ada Ayah dan Bunda yang selalu bisa mendamping aku, walau Eyang Akung selalu mengantar aku kemanapun aku pergi, tapi tentu saja berbeda dengan keadaan apabila Ayah dan Bunda ada bersama-sama aku. Ayah mengajariku untuk mengatur mengelola uang, aku diberikan kartu ATM yang harus aku pergunakan dengan baik, karena uang yang ada digunakan untuk membayar SPP, membayar uang les, belanja kebutuhanku sehari-hari dan lain-lain. Aku akan catat seluruh pengeluaranku di buku pengeluaran dan aku bandingkan dengan saldo yang ada di ATM.

Aku pernah diminta untuk tampil di acara “anak berprestasi’ yang disiarkan oleh MQ TV Bandung, wah deg-degan juga mau di shooting oleh kamera TV. Skenarionya setiap aktivitasku sejak aku bangun pagi, shalat subuh, berangkat ke sekolah, aktivitasku di sekolah, di tempat les, dan juga tentang cita-citaku, prestasiku dan lain-lain…seneng juga bisa tampil di TV.. walau aku tidak tinggal bersama orang tua,aku tetap bertekad untuk menunjukkan prestasiku harus tetap hebat ha ha..ha..ha.. tentu tidak terlepas bantuan Kekuasaan Allah swt…



Alhamdulillah aku bisa lulus Sekolah Dasar, dan Allah sayang banget denganku karena Ayah akhirnya dipindah tugaskan ke Jakarta. Sehingga diputuskan aku akan meneruskan sekolah di Jakarta, akhirnya kami keluarga dapat berkumpul kembali….Tapi eit.. aku juga mencoba kemampuanku untuk mengikuti tes masuk SMP Negeri Favorite di Bandung, yaitu SMP Negeri 5 Bandung, dan hasilnya lulus…tapi sayang aku tak bisa sekolah lagi di Bandung dan berkumpul dengan Ines, Lulu juga Gadys dan Hasya.. karena aku harus sekolah di SMP Labschool Jakarta.
Terimakasih ya Allah…

TERIMAKASIH YA ALLAH... (3)

(yang ini juga postingan yang dibikin ayahkuu! hhe)

SORONG, KOTA DI KEPALA BURUNG PAPUA



Tahun 2004 Ayahku dipindah tugas ke Sorong -Papua, begitu juga dengan sekolahku, aku bersekolah di SD Yayasan Pendidikan Islam Al Jihad. Sekolahku karena sekolah Islam, jadi teman-temanku tidak banyak yang asli dari Papua. Aku merasakan bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia Timur masih kurang bagus. Padahal menurut Ayahku, saat akan memindahkan sekolahku dari Makassar ke Papua, sekolah ini adalah sekolah “terbaik” yang ada di kota Sorong. Ada salah satu guruku yang suka tidur kalau lagi ngajar. Awalnya sih, kelihatannya enak, ga usah belajar, tapi lama kelaman jadi ketinggalan pelajaran juga.Pokoknya aku merasa sekolah di sana merasa ngga merasa tambah pinter deh… Seharusnya pemerintah bisa lebih meningkatkan perhatian terhadap kualitas guru dan mutu pendidikan yang ada di wilayah Indonesia Timur, I hope so…


Teman-temanku di Sorong juga banyak… Teman-temanku di sekolah, ada Andina, Ian, Risanti, Tuti& banyak lagi deh. Oh ya, ada juga temanku yang namanya Annisa Rizki. Ibunya Annisa berjualan nasi kuning, aku suka karena enak banget deh….apalagi kalau dimakan pake ikan cakalang dan kerupuknya. Padahal sebelumnya aku sama sekali ga suka sama nasi kuning, tapi sejak mencoba nasi kuning ibunya Annisa,aku jadi suka makan nasi kuning.


Di sekolah, tidak ada taman bermain. Tapi, ada satu lapangan yang cukup luas. Lapangan itu, tiap pagi dipakai untuk senam. Nah, karena aku jadwalnya sekolah siang, aku cuma senam tiap hari Jum’at, karena setiap hari Jum’at aku masuk sekolahnya pagi. Tiap istirahat, aku sering main di lapangan itu bermain lompat tali, kadang juga aku bermain di dekat masjid. Kantin sekolah berjualan makanan lokasinya juga berdekatan dengan masjid. Sebenernya bukan seperti Kantin yang dibayangkan sih.. lebih tepat kalo disebut warung sekolah, karena tempat jualannya berupa satu ruangan yang dibatasi oleh kawat. Jadi, kalo kita pesan makanan lewat bolongan di kawat haha..ha..ha..


Mal yang ada di Sorong cuma ada satu. Namanya Mal Papua. Itu juga baru dibangun tahun 2006. Dulunya, cuma ada satu supermarket yang namanya Saga. Pokoknya supermarket itu, udah dianggap mal deh..karena di supermarket itu juga menjual pakaian, trus juga ada KFC (Kentucky fried Chicken). Di Sorong, memang cuma ada KFC. Nah, sekarang di Mal Papua sudah ada CFC.(California Fried Chicken).


Di pinggiran pantai Sorong, ada tempat jualan makanan di deket pantai yang dibatesi tembok, sehingga orang disana menamai tempat itu “tembok berlin”. Di situ, ada warung yang berjualan kepiting asam manis yang enak banget …aku suka deh.. nama warungnya “Marinda”, yang jual sih orang jawa yang sudah merantau lama di Papua.
Sungguh kenikmatan yang senantiasa melimpahi aku , hingga aku senantiasa mengucapkan….Terimakasih ya Allah

22 janvier 2008

TERIMAKASIH YA ALLAH .. (2)

(heiheihei, ini juga postingan yang dibuat ama ayahku, huehe)


ANGIN MAMIRI MAKASSAR

Tahun 2001 Ayahku dipindah tugas ke Makassar, begitu juga dengan sekolahku, aku masuk TK Pertiwi. Lalu aku masuk sekolah di SD Islam Athirah, yang mengelola sekolah ini putrinya Bapak Yusuf Kalla.. itu lho yang jadi Wakil Presiden RI tahun 2004-2009.

Sekolah Dasar Islam Athirah letaknya di tengah kota Makassar, di depan sekolah terdapat lapangan besar seperti alun-alun kota, orang Makassar menyebutnya Lapangan Karebosi, disana ada tempat untuk latihan sepak bola PSM yang disebut juga Ayam Jago dari Timur. Nama jalan sekolahku Jalan Kajaolalido
Aku bersekolah disana sejak kelas 1 SD hingga kelas 3 SD, beberapa teman sekelasku ada, Amba, Annisa, Lufti, Banni, Nurul, Dika, Faiz Alif, Panji…
Sahabatku Annisa rumahnya tidak begitu jauh dengan rumahku, rumahnya persis berhadapan dengan Mesjid Al Markaz, sebuah mesjid yang besar dengan halaman yang luas dan arsitektur bangunannya sangat bagus, katanya yang membangun itu Jenderal M.Yusuf.

Dinding rumah Annisa warna pink. Pertama kali aku liat rumahnya, kukira itu rumah Barbie dan di dalamnya berisi Barbie semua hehehe... Rumahnya mirip rumah Barbie sih, . tapi ternyata di rumahnya malah banyak barang-barang pecah belah. Nah, ayahnya Annisa itu punya toko emas yang dinamain pake nama keluarganya, Hadalle. Nisa punya adik laki-laki yang namanya Diaz dan nenek yang sering dipanggil Mamak ‘Aji. Diaz hamper seumur juga dengan Iqbaal.

Di kota Makassarlah aku pertama kali bisa naik sepeda roda dua. Awalnya aku latihan di garasi rumah. Lalu setelah Ayah lepas roda penyangga di bagian belakang sepeda, aku coba belajar naik sepeda di jalanan sekitar komplek perumahan tempat aku tinggal. Waktu pertama kali aku coba menaiki sepeda dengan roda dua di jalanan komplek perumahanku,aku pernah jatuh ke got, untung aja gotnya agak kering. Aku langsung mandi lagi, hahaha… Aku inget kejadian itu karena aku ingat waktu itu aku mengenakan daster gambar bunga matahari warna orange kesukaanku.

Tetangga-tetangga di deket rumahku juga banyak. Ada Mbak Mitha, Mirza, Mbak Acit, Mbak Steffi, Sania, banyak lagi deh. Mereka tuh pada baik-baik. Mbak Acit misalnya, dia yang ngebantu aku nyari gaya waktu aku mau ikut fashion show. Nah,Mbak Steffi yang waktu itu nemenin aku waktu ayah bunda lagi pergi haji. Tiap hari, Mbak Steffi dateng ke rumah buat main.Pernah waktu itu,aku juga ke mall bertiga sama Mbak Steffi dan Mbak Ati.

Nah,ada lagi tetanggaku yang lain. Yang ini rumahnya persis di sebelah rumah.Namanya Uwa Kadir.Uwa tinggal bertiga sama istri dan anaknya. Anaknya yang lain sudah pada besar. Uwa istri sering bikin kue, trus aku sering dibagi. Tapi kemudian Uwa pindah karena kata Ayah, Uwa sudah masuk masa pensiun jadi harus keluar dari perumahan kantor.

Waktu di Makassar, aku juga ikut les melukis. Nama gurunya Kak Ikhsan. Awal aku les, aku cuma bisa menggambar pake crayon, lalu diajari Kak Ikhsan mengajari aku pake cat minyak.Lukisan cat minyak pertamaku, bergambar bunga, waktu lukisan itu sudah jadi, Ayahku memujinya bahwa lukisanku bagus banget, malah mau diminta Ayahku untuk dipajang di kantornya, tapi karena itu lukisan pertamaku jadi kupajang di kamarku, dan saat ini lukisan tersebut masih terpajang di rumah Eyang Akung di Bandung. Aku juga sering mengikuti lomba melukis, menggambar dan mewarnai, dan Alhamdulillah aku sering menjadi pemenang dalam lomba-lomba tersebut.

Dalam seminggu aku dua kali belajar membaca Al Qur’an, gurunya aku panggil Kak Mira. Sungguh sangat sabar mengajariku belajar memahami huruf demi huruf, mulai dengan belajar metode Iqra hingga aku bias membaca Kitab Al Qur’an yang lengkap. Pada usiaku 8 tahun, alhamdulillah aku bisa mengkhatamkan Al Qur’an. Kemudian Ayah dan Bundaku mengundang teman-temanku untuk mengadakan syukuran atas keberhasilanku dan tentunya keberhasilan Kak Mira juga,aku akhirnya bisa mengkhatamkan Al Qur’an.

Bersama Kak Mira juga aku pernah mengikuti lomba membaca Al Qur’an yang diadakan oleh Bosowa Group, alhamdulillah aku juga bisa menjuarai dan dapat hadiah uang Rp 300.000..wah sungguh sangat bangga aku bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang cara membaca AlQur’an, padahal yang mengetes ulama-ulama Besar di Makassar bahkan ada ketua MUI Sulawesi Selatan yang ikut mengetesku.
Terimakasih Ya Allah …

21 janvier 2008

ADOBE PAGEMAKER 7.0 TUTORIAL




CARA INSTAL PAGEMAKER




  1. Sebelum anda meng-instal PageMaker, pastikan seluruh program yang sedang dijalankan telah ditutup di komputer anda.


  2. Masukkan CD Installer PageMaker ke dalam CD drive, sistem auto-play akan berjalan secara otomatis.


  3. Kemudian akan muncul AutoPlay Installer window, klik tombol Installation, lalu klik tombol Adobe PageMaker 7.0.


  4. Installer Adobe PageMaker 7.0 akan terbuka


  5. Bacalah seluruh instruksinya, lalu klik tombol next.




  6. Pilihlah varian bahasa Inggris untuk menentukan spelling dan hyphenation.


  7. Klik U.S. English. (titik hitan akan muncul dalam lingkaran)


  8. Kemudian klik tombol next.


  9. Anda akan diminta memilih bahasa yang akan digunakan untuk membaca perjanjian lisensi software Adobe PageMaker.


  10. Membaca dan memahami perjanjian lisensi sangatlah penting, maka pilihlah bahasa yang paling anda kuasai (pilihan akan muncul dalam box)


  11. Klik tombol next


  12. Akan muncul perjanjian lisensi software Adobe PageMaker.


  13. Bacalah perjanjian dengan seksama.


  14. Klik tombol Accept untuk meng-instal PageMaker.


  15. Klik Custom untuk meng-instal tambahan komponen PageMaker


  16. Klik tombol Next.


  17. Komponen - komponen yang tersedia seperti dalam box.


  18. Klik Color Libraries untuk menambahkan warna-warna yang nantinya dapat dipillih pada PageMaker.


  19. Apabila anda menggunakan pilihan bahasa selain bahasa Inggris, klik Dictionaries untuk meng-instal tambahan kamus pendukung .
    a. Klik tombol Change.
    b. Biasanya seluruh kamus pendukung sudah termasuk dalam proses instal, jadi pilihan instal tambahan kamus pendukung sebenarnya tidak diperlukan.
    c. Klik tombol Continue.


  20. Turunkan pilihan pada window, klik Plugins and Scripts dan Templates kemudian klik tombol next.


  21. Akan muncul informasi pengguna


  22. Dibawah tulisan "Product is registered to" klik A Business.


  23. Pada kolom yang tersedia ketik status (Mr., Ms., Mrs., Miss, Dr., etc.).



  24. Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk menggerakkan kursor secara cepat dalam mengisi kolom yang tersedia. Ketik nama awal, nama tengah dan nama akhir anda.


  25. Ketik nama perusahaan (misal dalam contoh Georgetown University sebagai perusahaan).


  26. Ketik 24-digit nomor seri Adobe PageMaker, lalu klik tombol Next.


  27. Window yang baru akan mucul dengan informasi registrasi Pastikan datanya sudah benar.


  28. Apabila seluruh informasi sudah benar maka klik tombol Yes. Untuk melakukan koreksi klik tombol No, dan akan kembali ke window informasi pengguna (poin 21).


  29. Window baru akan terbuka. Window tersebut akan berisi ringkasan prose instal pagemaker. Apabila perlu koreks,klik Back ke langkah sebelumnya, apabila telah sesuai klik tombol Next.


  30. PageMaker memerlukan beberapa saat untuk melakukan instal pada komputer.



  31. Keluarkan CD PageMaker dari CD drive, kemudian klik tombol Finish untuk me-restart komputer.


  32. Setelah komputer di restart, anda perlu untuk log in kembali. Instal juga printer driver agar PageMaker dapat untuk mencetak hasilnya.




MEMBUAT DOKUMEN BARU

1. Pada menu utama, klik File, kemudian klik New


2. Window Document Setup akan terbuka






MEWARNAI BENTUK DAN TULISAN

1. Untuk membuka Palet Warna (Colors Palette), klik window kemudian klik Show Colors..

2. Klik Pointer di palet peralatan

3. Klik Shape atau Text

4. Anda dapat mewarnai garis yang melingkari bentuk maupun mengisi warna dari suatu bentuk atau keduanya.

a. Untuk merubah warna garis, klik tombol Stroke, pada sebelah kiri atas palet warna. Kemudian klik warna yang dipilih.

b. Untuk merubah warna isian, klik tombol Fill, pada sebelah tengah atas palet warna. Kemudian klik warna yang dipilih.


c. Untuk merubah warna isian dan garis secara bersama, klik tombol Both, pada sebelah kanan atas palet warna. Kemudian klik warna yang dipilih.


5. Untuk mengubah warna tulisan klik color, pada palet warna.

19 janvier 2008

TERIMAKASIH YA ALLAH…. (1)

(heiheihei, ini posting yang dibikin ama ayahku, hahaha)




SURABAYA TANAH KELAHIRANKU
Ya ALLAHku, tiada henti-hentinya rasa syukur ini kupanjatkan kepadaMU yang senantiasa melimpahkan rahmat berkah serta rejeki setiap saat. Sungguh kurasakan rasa bahagia yang selalu menyelimuti hidup ini. Sejak aku melihat dunia di Rumah Sakit Budi Mulya Surabaya pada tanggal 01 Desember 1995, pukul 11.15 WIB sebelum Ayahku berangkat Shalat Jumat. Aku lahir dengan perjuangan Bundaku dengan ditemani Ayahku dan Eyang Uti yang sengaja datang dari Bandung untuk menemani kelahiranku. Perjuangan Bundaku antara hidup dan mati dengan melahirkan berat badanku 2.500 gram dengan tinggi 50 cm secara sungsang dapat diselamatkan hanya dengan Tangan Allahku. Ayah dan Bunda memberi namaku Fildza Hasnamudhia yang artinya Belahan Hati yang cantik dan bersinar… sungguh doa yang sangat indah.. aku dipanggil sehari-hari dengan nama Audy.

Belum genap usiaku 1 bulan, tanggal 28 Desember 1995, Ayahku dan Bundaku mengajakku terbang menggunakan pesawat dari Surabaya menuju Jakarta, karena Kiki mendapat serangan stroke sehingga tidak dapat menengokku di Surabaya. Ayah dan Bunda sempat khawatir mengajak aku terbang dengan menggunakan pesawat karena usiaku yang masih orok, tapi setelah konsultasi dengan Dr. Sylvie Damanik SpA, dokter anak yang senantiasa ikut merawatku dikala aku sakit, aku diijinkan naik pesawat tapi dengan syarat saat take off dan landing aku harus mampu menyesuaikan tekanan udara, Subhanallah Allah menunjukkan jalan dengan cara aku harus dalam keadaan menyusui sehingga daya refleks untuk menyesuaikan tekanan udara dapat dilakukan.

Pertama kali aku bisa jalan aku ingat waktu berumur 1 tahun, waktu itu setelah aku pergi ke Kebun Binatang Surabaya. Disana aku naik unta bersama Eyang Akung. Begitu sampai rumah.. eh aku bisa berjalan sendiri.. Alhamdulillah..
Saat aku berusia 2,5 tahun, aku masuk sekolah di Kelompok Bermain Al-Muhajirin yang terletak di daerah Manyar, Surabaya. Kemudian aku melanjutkan ke TK Al-Ikhlas di Jemur Sari, Surabaya. Biasanya kalo aku pulang sekolah, aku sering diajak bunda ke supermarket Chiko. Aku sering beli permen kapas Koala.

Pernah suatu saat aku hendak berangkat ke sekolah, aku selalu diantar Ayah yang juga akan berangkat ke Kantor. Saat Ayah memundurkan mobilnya, Ayahku ngga tahu ternyata ada seekor kucing sedang tiduran di belakang roda, begitu mobil dimundurkan.. aduh kucingnya terlindas deh…kucingnya mati. Uih ngerii…darahnya banyak banget. Lalu segera dibersihkan dengan disirami air. Lalu Kucing naas itu akhirnya dikubur di depan rumah. Waktu itu aku baru pertama kali ngeliat kucing mati.

Di Surabaya, aku punya banyak teman bermain yang rumahnya dekat denganku. Ada Intan, Gilang (adiknya Intan, sekarang udah punya adik lagi yang namanya Bintang), Tiwi, Mas Luhur dan Ilham. Ilham yang rumahnya persis di sebelah rumahku sering kupanggil Pak Jibrut. Ia dua tahun lebih muda dariku. Kami dulu pernah punya sepatu kembaran gambara Felix The Cat. Punya dia warna biru, punyaku warna merah.

Halaman rumahku ada saungnya, juga ada 2 ayunan. Yang satu bisa muat banyak, yang satu lagi cuma buat 1 orang. Kalau aku susah makan, aku sering disuapi sambil main ayunan. Kadang juga sambil main sepeda. Kalau sudah 1 putaran, aku harus “ngisi bensin” alias makan hahaha….

Saat aku berusia 4 tahun, lahir adik laki-lakiku, diberi nama Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan yang artinya Iqbaal Cahaya Kemenangan di bulan Ramadhan. Dia lahir pada hari Rabu 28 Desember 1999 melalui operasi caesar di RS Internasional Surabaya. Kehidupan berubah, adikku kadang membuatku kesal tapi juga membuatku senang, kadang dia menjadi lawanku tapi juga menjadi sahabatku.
Terimakasih Ya Allah …

06 janvier 2008

About Me,,

Hajimemashite!

My name's Fildza Hasnamudhia. But, u can call me Audy.

I was born Surabaya,1 December 1995.

My father is Herry Hernawan. And my mom is Rike Dhamayanti. I have one young-brother. His name Iqbaal.

Now, I study at SMP Labschool Jakarta.

I like cat, ice cream, chocolate, purple and rain.

I want to meet: Adi, Marsha, Arsy, Adra, Diah, Dilla, Ibeth, Hasna, Harsyah, Lady, Lindsey, Meutia, Karim, Dea, Adhine, Nana, Oliv, Qorri, Fanny, Laras, Rani