24 août 2008

Macem macem

Hai hai.. Aku lagi nyoba posting di handphone bundaku. Coba coba dulu gituh

skalian mau ngasih tau juga. Adikku hari ini tanding taekwondo. Tapi sayangnya dia kalah. Beda bgt sama yg bbrapa bulan lalu. Waktu itu dia dapet medali emas loh. Ya mungkin blm bruntung kali ini

trus aku juga mau ngasih slamat k pak yusuf dan bu dyah yang baru menikah kemarin (24 agustus 2008). Smoga cpet dkasih momongan yaa pak. Aku sih cuma ngbyangin aja, pasti nanti anaknya pak yusuf tu jago olahraga dan pandai menyanyi. Haha

oya hari ini (250808), rcti jg ultah. Jd bkal drayain nanti malem mau ada acara simfoni cinta. Wajib nonton neh! Karena pasti bkal keren

udah dulu ya post nya. Aku mau ngejilid tugas dulu (gapenting dh ngomongnya) bye bye :D

Jakarta?? (2)

Kondisi Lingkungan kota Jakarta seharusnya

Jika ditinjau lebih jauh, banyak sekali yang harus diperbaiki dari keadaan lingkungan Jakarta saat ini agar bisa menjadi kota Jakarta yang ideal. Kasus-kasus seperti kemacetan, pencemaran lingkungan, banjir dan semacamnya masih sering kali dirasakan oleh masyarakat. Dan tentu saja masyarakat menginginkan Jakarta yang lebih baik dari sekarang. Jadi, Jakarta yang seharusnya adalah:

1. Jakarta yang seimbang akan laju pertumbuhan kendaraan bermotor dengan pelebaran jalanannya
2. Jakarta yang mempunyai angkutan umum yang nyaman dan tepat waktu
3. Jakarta yang bebas dari terminal bayangan dan bebas dari kemacetan
4. Jakarta yang sungainya tidak terhambat oleh sampah dan bersih dari limbah pabrik
5. Jakarta yang bersih dari sampah yang tidak pada tempatnya
6. Jakarta yang jumlah perokoknya minim dan tidak mengganggu masyarakat lainnya
7. Jakarta yang masyarakatnya punya kesadaran diri yang tinggi untuk menaati setiap peraturan

21 août 2008

Rabies

Rabies (penyakit anjing gila) adalah penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies, dan ditularkan melalui gigitan hewan penular rabies terutama anjing, kucing dan kera.

Patogenesis

Setelah virus rabies masuk melalui luka gigitan, maka selama 2 minggu virus tetap tinggal pada tempat masuk dan dekatnya, kemudian bergerak mencapai ujung-ujung serabut saraf posterios tanpa menunjukkan perubahan-perubahan fungsinya. Masa inkubasi bervariasi, beriksar antara 2 minggu sampai 2 tahun, tetapi pada umumnya 3-8 minggu, tergantung dengan jarak yang harus ditempuh oleh virus sebelum mencapai otak.

Sesampainya di otak virus kemudian memperbanyak diri dan menyebar luas dalam semua bagian neuron-neuron, terutama mempunyai predileksi khusus terhadap sel-sel sistem limbik, hipotalamus dan batang otak.

Setelah memperbanyak diri dalam neuron-neuron sentral, virus kemudian bergerak ke arah perifer dalam serabut saraf eferen dan pada saraf volunter maupaun saraf otonom. Dengan demikian virus ini menyerang hampir tiap organ dan jaringan di dalam tubuh, dan berkembang biak dalam jaringan-jaringan seperti kelenjar ludah, ginjal dan sebagainya.

Rabies merupakan infeksi sistem syaraf yang disebabkan oleh virus rabies. Virus rabies ini terdapat pada air liur hewan yang terinfeksi virus ini dan menularkan manusia lewat gigitan atau cakaran hewan. Walaupun jarang ditemukan, virus rabies ini dapat ditularkan ketika air liur hewan yang terinfeksi mengenai selaput lendir seseorang seperti kelopak mata atau mulut atau kontak melalui kulit yang terbuka. Tetapi tidak semua hewan membawa virus rabies. Hanya hewan-hewan seperti anjing, kucing , kelelewar, kera, musang dan serigala.

Sekalinya virus rabies masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan hewan maka virus ini akan menyebar ke seluruh otot tubuh. Puncaknya virus ini akan mencapai otak dan menyerang banyak bagian penting otak yang akhirnya dapat menyebabkan kematian

Gejala seseorang yang terkena rabies adalah dimulai dengan Prodromal Periode atau periode yang menunjukkan awal penyakit ini, berakhir antara 1-4 hari. Gejala yang terlihat dalam periode ini adalah demam, sakit kepala, malaise , sakit tulang, kehilangan nafsu makan, mual, tenggorokan sakit, batuk dan kelelahan luar biasa. Gejala-gejala ini merupakan gejala yang spesifik dari orang yang terinfeksi virus rabies. Gejala ini umumnya muncul 1-2 bulan setelah gigitan hewan yang membawa virus rabies.

Setelah prodormal periode yang disebut juga tahap pertama maka penderita akan memasuki gejala tahap kedua yaitu gejala seperti enchepalitis (radang otak). Penderita akan akan mengalami demam yang suhunya dapat mencapai 40,6 derajat celcius dengan diikuti gejala-gejala seperti : gelisah, mempunyai pikiran-pikiran yang abnormal atau bizarre , kejang otot, sikap badan yang abnormal, ayan, lemah tidak dapat menggerakkan anggota tubuhnya, sangat sensitif terhadap sinar, suara, sentuhan, produksi air liur atau air mata meningkat, tidak mampu berbicara karena pita suara lumpuh.

Tahap terakhir dari gejala terinfeksi rabies adalah virus rabies ini menghancurkan hampir semua bagian penting dari sistem urat syaraf. Penderita akan mengalami pandangan mata yang kabur, susah menggerakkan otot, gerakan abnormal dari diafrakma dan otot yang mengontrol pernafasan dan kesulitan menelan dengan kombinasi meningkatnya air liur yang dapat membuat mulut seperti berbusa. Akhirnya orang yang terjangkit virus rabies dapat koma dan meninggal. Tanpa perawatan yang serius kematian dapat terjadi 4-20 hari setelah gejala-gejala muncul. Inkubasi dari infeksi rabies ini umumnya terjadi dalam waktu 1-2 bulan setelah kejadian walaupun dapat terjadi antara rentang waktu 1o hari s/d 1 tahun.

Bagaimana pencegahannya?
Virus rabies dapat ditangkal dengan melakukan vaksinasi seperti vaksin Rab Avert. Pada manusia vaksin ini rutin diberikan kepada orang-orang yang pekerjaannya beresiko tinggi seperti dokter hewan, pawang binatang, peneliti khusus hewan, dll. Orang yang akan bepergian ke daerah-daerah yang dianggap beresiko tinggi dianjurkan untuk mendapat vaksin ini sebelum bepergian. Untuk orang yang tiba-tiba digigit / dicakar hewan pembawa virus rabies ini akan mendapat serangkaian vaksinasi Human Deploid Cell dan Human Rabies Immune Globulin

Karena anjing, kucing dan musang dan terinfeksi virus rabies maka hal terpenting adalah mencegah kuman rabies masuk ke dalam tubuh dengan memberikan vaksinasi kepada hewan-hewan peliharaan yang tinggal bersama kita. Juga bijaksana jika kita melaporkan hewan-hewan liar yang berkeliaran di sekitar lingkungan rumah kepada pihak yang berwenang. Karena itu jangan sembarangan membiarkan anak anda untuk menyentuh, membelai-belai atau memberi makan hewan yang ditemuinya di jalan.

Jika anak anda tergigit hewan maka cepat cuci area yang terluka dengan sabun dan air selama 10 menit dan tutup lukanya dengan plester. Lalu pergi ke dokter terdekat atau dokter langganan anda untuk mengetahui apakah ia terkena infeksi rabies atau tidak. Hal lain yang dapat dilakukan adalah memberitahukan pihak yang berwenang mengurus hewan-hewan liar untuk menangkapnya agar dilakukan pemeriksaan terhadap hewan tersebut apakah membawa virus rabies atau tidak. Jika anak anda kebetulan tergigit hewan yang membawa virus rabies beberapa saat yang lalu dan menampakkan gejala-gejalanya cepat bawa ke dokter.

Malaria

Malaria pada manusia
Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

Dengan munculnya program pengendalian yang didasarkan pada penggunaan residu insektisida, penyebaran penyakit malaria telah dapat diatasi dengan cepat. Sejak tahun 1950, malaria telah berhasil dibasmi di hampir seluruh Benua Eropa dan di daerah seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun penyakit ini masih menjadi masalah besar di beberapa bagian Benua Afrika dan Asia Tenggara. Sekitar 100 juta kasus penyakit malaria terjadi setiap tahunnya dan sekitar 1 persen diantaranya fatal. Seperti kebanyakan penyakit tropis lainnya, malaria merupakan penyebab utama kematian di negara berkembang.

Pertumbuhan penduduk yang cepat, migrasi, sanitasi yang buruk, serta daerah yang terlalu padat, membantu memudahkan penyebaran penyakit tersebut. Pembukaan lahan-lahan baru serta perpindahan penduduk dari desa ke kota (urbanisasi) telah memungkinkan kontak antara nyamuk dengan manusia yang bermukim didaerah tersebut.

Gejala Klasik
Biasanya ditemukan pada penderita yang berasal dari daerah non endemis malaria atau yang belum mempunyai kekebalan (immunitas) atau yang pertama kali menderita malaria. Gejala ini merupakan suatu parokisme, yang terdiri atas 3 stadium berurutan:

- menggigil (selama 15-60 menit), terjadi setelah pecahnya sizon dalam eritrosit dan keluar zat-zat antigenik yang menimbulkan mengigil-dingin.

- demam (selama 2-6 jam), timbul setelah penderita mengigil, demam dengan suhu badan sekitar 37,5 - 40°C, pada penderita hiper parasitemia (lebih dari 5%) suhu meningkat sampai lebih dari 40°C.

- berkeringat (selama 2-4 jam), timbul setelah demam, terjadi akibat gangguan metabolisme tubuh sehingga produksi keringat bertambah. Kadang-kadang dalam keadaan berat, keringat sampai membasahi tubuh seperti orang mandi. Biasanya setelah berkeringat, penderita merasa sehat kembali.

Di daerah endemis mkalaria dimana penderita telah mempunyai imunitas terhadap malaria, gejala klasik di atas timbul tidak berurutan –bahkan bisa jadi tidak ditemukan gejala tersebut- kadang muncul gejala lain.

Gejala Malaria dalam progam pemberantasan Malaria:

- Demam - Menggigil
- Berkeringat
- Dapat disertai dengan gejala lain: Sakit kepala, mual dan muntah.
- Gejala khas daerah setempat: diare pada balita (di Timtim), nyeri otot atau pegal-pega pada orang dewasa (di Papua), pucat dan menggigil-dingin pada orang dewasa (di Yogyakarta).

Gejala Malaria berat atau komplikasi

Gejala malaria klinis ringan tersebut diatas disertai dengan salah satu gejala di bawah ini:
- Gangguan kesadaran (lebih dari 30 menit)
- Kejang, -beberapa kali kejang
- Panas tinggi diikuti gangguan kesadaran
- Mata kuning dan tubuh kuning
- Perdarahan di hidung, gusi atau saluran pencernaan
- Jumlah kencing kurang (oliguri)
- Warna urine seperti teh tua
- Kelemahan umum (tidak bisa duduk/berdiri)
- Nafas sesak

Tetanus

Penyakit tetanus merupakan salah satu infeksi yan berbahaya karena mempengaruhi sistim urat syaraf dan otot. Bagaimana gejala dan apa penyebabnya? Gejala tetanus umumnya diawali dengan kejang otot rahang (dikenal juga dengan trismus atau kejang mulut) bersamaan dengan timbulnya pembengkakan, rasa sakit dan kaku di otot leher, bahu atau punggung. Kejang-kejang secara cepat merambat ke otot perut, lengan atas dan paha.

Neonatal tetanus umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir. Neonatal tetanus menyerang bayi yang baru lahir karena dilahirkan di tempat yang tidak bersih dan steril, terutama jika tali pusar terinfeksi. Neonatal tetanus dapat menyebabkan kematian pada bayi dan banyak terjadi di negara berkembang. Sedangkan di negara-negara maju, dimana kebersihan dan teknik melahirkan yang sudah maju tingkat kematian akibat infeksi tetanus dapat ditekan. Selain itu antibodi dari ibu kepada jabang bayinya yang berada di dalam kandungan juga dapat mencegah infeksi tersebut.

Apa yang menyebabkan infeksi tetanus? Infeksi tetanus disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Clostridium tetani yang memproduksi toksin yang disebut dengan tetanospasmin. Tetanospasmin menempel pada urat syaraf di sekitar area luka dan dibawa ke sistem syaraf otak serta saraf tulang belakang, sehingga terjadi gangguan pada aktivitas normal urat syaraf. Terutama pada syaraf yang mengirim pesan ke otot. Infeksi tetanus terjadi karena luka. Entah karena terpotong, terbakar, aborsi , narkoba (misalnya memakai silet untuk memasukkan obat ke dalam kulit) maupun frosbite. Walaupun luka kecil bukan berarti bakteri tetanus tidak dapat hidup di sana. Sering kali orang lalai, padahal luka sekecil apapun dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteria tetanus.

Periode inkubasi tetanus terjadi dalam waktu 3-14 hari dengan gejala yang mulai timbul di hari ketujuh. Dalam neonatal tetanus gejala mulai pada dua minggu pertama kehidupan seorang bayi. Walaupun tetanus merupakan penyakit berbahaya, jika cepat didiagnosa dan mendapat perawatan yang benar maka penderita dapat disembuhkan. Penyembuhan umumnya terjadi selama 4-6 minggu. Tetanus dapat dicegah dengan pemberian imunisasi sebagai bagian dari imunisasi DPT. Setelah lewat masa kanak-kanak imunisasi dapat terus dilanjutkan walaupun telah dewasa. Dianjurkan setiap interval 5 tahun : 25, 30, 35 dst. Untuk wanita hamil sebaiknya diimunisasi juga dan melahirkan di tempat yang terjaga kebersihannya.

17 Agustus? Hepi bertdey Indonesia!

Yee.. tujuh belas agustusan lagiiii! Nah, di Labschool, hari kemrdekaan kali ini dirayain sekalian dengan pelantikan osis baruu..

Pas tanggal 17 Agustus kan hari libur, tapi teteeep kita disuruh masuk. Yaiyalah, masa lebih mentingin libur daripada ngerayain hari kemerdekaan negara kita sendiri? Jadi, hari Minggu itu kita tetep masuk dengan seragam lengkap. Upacara baru dimulai sekitar jam 7.

Setelah upacara tuh rencananya kita mau sekalian ngerayain ulang tahun Clastodeviixel. Jadi aku udah bawa baju ganti dari rumah.

Pas upacara, yaa seperti beribu-ribu (wow) upacara yang udah aku ikutin, pelaksanaannya ya kayak gitu-gitu aja. Sambutan-sambutan, pengibaran bendera, nyanyi lagu wajib nasional, pembacaan doa, etc.. tapi aku ngerasa kali ini beda. Secara untuk ngerayain HUT Indonesia gituu..

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi-puisi dan nyanyi-nyanyi dari murid SMA sambil nunggu para OSIS dan CAPSIS dateng dari lintas juang. Pas para OSIS dateng, mereka diiringi dengan pemukulan perkusi yang.. bikin semangat! Kalo aku ga malu, aku udah loncat-loncat deh disitu.

Abis itu para CAPSIS dilantik, dan OSIS yang lama sudah berhenti masa kerjanya. Ya.. kita doain aja mudah-mudahan OSIS yang sekarang bisa jadi lebih baik lagi. Oke deh, Selamat Ulang Tahun Indonesia dan kelasku tersayang, Clastodeviixel!

Mirrors

Udah nonton film Mirrors? Wah, kalo belom, kamu harus nonton tu film! Kalo ga, kamu bakalan nyeseeeel.. karena kamu ga bisa tahu tentang hal-hal yang istimewa dari sebuah cermin.

Siapa sih yang kaga tau kaca atau cermin? Ya paling engga, dalam sehari kita pasti ngaca gitu. Ga harus di cermin, bisa aja kita ngaca di genangan air, kaca jendela atau mungkin layar handphone. Jadi "cermin-cermin" itu ada di mana-mana. Dan tau engga, karena cermin ada dimana-mana itulah yang membuat film Mirrors itu serruu..

Aku nonton film Mirrors tu waktu tanggal 17 Agustus setelah upacara di sekolah. Yang ikut nonton itu, aku, lady, qorri, adhine, dilla, fanny, arsy, dhea, lindsey dan rani. Dari bersepuluh, yang nonton mirrors cuma 8, karena lindsey dan rani mau nonton film lain. Aku duduk di kursi F2 di tengah-tengah Dilla dan Arsy. Pas awal-awal sih aku masih biasa-biasa aja. Tapi pas lampu udah digelapin, kok aku jadi merinding ya?

Mirrors itu bercerita tentang cermin (yaiyalah). Jadi ceritanya di cermin-cermin itu tuh ada kayak kutukan gitu. Jadi apa yang kita lakukan dengan yang bayangan kita lakuin tu beda. Dan gawatnya, bayangan kita itu kayak bisa "merintah" kita untuk membunuh diri kita sendiri.

Tokoh utama di film ini, merupakan salah satu orang yang telah "ditunjuk" oleh para mirrors untuk mencari Esseker. Essekeradalah seorang wanita yang merupakan satu-satunya cara agar kutukan-kutukan yang ada di cermin itu hilang. Dan semua orang-orang yang pernah "ditawan" cermin-cermin itu bisa kembali bebas, dengan satu syarat yaitu semua kutukan itu masuk ke tubuh Esseker dan membuatnya menjadi liar. Nah, apakah tokoh utama di film ini bisa menemukan Esseker? Atau mungkin dia gagal menemukannya dan akan mati seperti korban-korban mirrors lainnya??

Ya.. kalo diceritain nanti jadi kaga surprise. Jadi, nonton filmnya ya. Ga bakal nyesel kok. Selamat menonton:D

Melihara Ikan Lele

Eits.. di sini aku bukannya mau ngomongin tentang ikan lele. Itu cuma persamaan aja. Soalnya, menurut aku punya ade cowo tu rasanya kayak melihara ikan lele. Mencal-mencal mulu. Kalo mau dipengang eh loncat duluan. Belom kalo kena kumisnya itu uuhh.. kan sakit ya. Nah, itu rasanya sama aja kayak punya ade cowo



Aku punya seorang adik laki-laki yang diberi nama Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (biasanya aku manggil dia ibal). Dia lahir pada tanggal 28 Desember 1999 . Arti namanya tuh Penyair Islam yang berjuang di bulan Ramadhan. Tapi perhatiin deh, biasanya kan kalo orang namanya iqbal tuh huruf a-nya cuma 1, kalo adeku tuh huruf a-nya ada 2. Trus pas aku tanya kenapa kayak gitu eh jawabannya "iya, kan istimewa". buzeett..



Ibal tuh cuma beda 4 tahun sama aku. Tapii.. yah biasalah namanya juga masih kecil. Dia tu suka maunya menang terus, jadi kita yang harus ngalah. Kadang-kadang kalo lagi bad mood, disenggol dikit aja langsung nangis, trus kalo maen kadang-kadang suka bikin aturan maen sendiri. yah.. contoh-contoh kasusnya ya kayak gitu lah. Dan gawatnya, kalo dia udah ampe nangis kadang-kadang malah kita yang jadi objek kemarahan orangtua. Ya aku tahu sih, wajar kalo orangtuaku marah. Yaiyalah.. ibal kan kalo nangis bisa bikin kuping budek. Siapa juga yang seneng?



Tapi.. ya kadang-kadang dia baek juga sih. Dia suka beliin aku barang-barang yang mungkin orang lain bakal bilang "Yaampun, so sweet". Kayak pas 17 agustusan kemaren, dia beliin aku gelang yang bisa nyala, jepit rambut, sama cincin mainan. Dia juga mau ngebagi jelly-nya sama aku. Dan yang paling baik nih dari ibal menurut aku, semarah-marahnya dia, dia tu ga bakal ngatain aku sampe berlebihan. Palingan yang standard-standard aja kayak "Teteh jelek!" atau engga "Teteh jahat!" ya semacam gitu lah..



Emang sih kalo dibandingin, sebenernya masih lebih banyak baiknya ibal daripada nyebelinnya dia. Sama aja kayak enaknya daging lele kalo udah digoreng. Tapi, perhatiin deh. Biasanya kita tuh kalo udah sekali sebel sama orang, pastiii kita akan lebih sering ngeliat kejelekan orang itu (atau mungkin malah sampe mencari-cari kejelekan orang itu). Walaupun sebenernya kebaikan orang itu tuh masih lebih besar, tapi sering kita mengabaikannya (ceilee..)



Dan sekali-kali aku juga pengen punya kakak. Pengen ngerasain gitu gimana rasanya selalu "dimenangin", kalo kalah tinggal nangis dan hal-hal semacam itulah.. tapi kata temen-temen aku, ga selamanya punya kakak itu enak (iya juga sih). Katanya suka disuruh-suruh gitu kalo punya kakak. Kalo aku ngedenger cerita kayak gitu, biasanya aku cuma cengar-cengir aja.. soalnya aku sering nyuruh-nyruh ibal. Tapi, walaupun suka nyuruh tetep ngomong "tolong" sama "terima kasih" dong tentunyaa..



Yah, begitulah pemirsa, reportase saya tentang rasanya memelihara lele. Sampai jumpa di posting berikutnya. bye bye.. :D

13 août 2008

ekosistem

Suatu makhluk hidup akan selalu membutuhkan makhluk hidup lain dan lingkungan hidupnya. Hubungan yang terjadi antara individu dengan lingkungannya bersifat saling mempengaruhi atau timbal balik. Hubungan timbal balik antara unsur-unsur biotik (produsen, konsumen, dan pengurai) dengan abiotik (cahaya, udara, air, tanah, suhu, dan mineral) membentuk sistem ekologi yang disebut ekosistem.
Untuk menjaga keseimbangan ekosisitem rantai makanan sangat berperan penting. Rantai makanan adalah pengalihan energi dari sumbernya dalam tumbuhan melalui sederetan organisme yang makan dan yang dimakan. Rantai makanan yang tidak terputus dapat menandai keseimbangannya ekosistem.
Secara alami, alamlah yang mengatur keseimbangan ekosistem dengan mengontrol hubungan antara komponen biotik dan abiotik. Namun, sekarang aktivitas manusia juga banyak yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem, misalnya :
1Penebangan hutan secara liar
2Pengeboran minyak lepas pantai
3embuangan sampah atau limbah
4Penggunaan pupuk buatan dan pestisida berlebihan
5Pembakaran hutan
6Penangkapan ikan tanpa kendali
7Perusakan terumbu karang
Contoh-contoh diatas adalah salah satu contoh dari sekian banyak tingkah laku manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.

03 août 2008

Labschoolku sayang, Labschoolku malang 4

Lantai 3 mana?

Kelasku tinggal puing beratapkan langit

Keesokan harinya, hari Kamis rencananya aku mau ke sekolah lagi. Beberapa anak juga mau dating katanya. Sekalian bunda juga katanya ada rapat POMG di sekolah. Trus katanya sih disuruh pake baju angkatan. Tapi baju angkatanku udah kependekan karena waktu itu emang masih kebesaran di badanku. Jadinya aku cuma pake vest labs.
Aku sampe di sekolah sekitar jam 8. Aku langsung telpon yang lain tapi ga diangkat. Yang diangkat cuma qorri, tapi dianya sendiri malah masih di rumah. Jadi aku langsung masuk aja.Dan untungnya udah ada yang laen. Ada lady, adhine, karim, arsy, harsyah dan adi. Lady, Karim, Adi dan Adhine pake baju batik karena katanya mau ikut lomba. Arsy juga mau ikut lomba tapi dia ga pake baju batik.
Ga berapa lama, oliv nelpon dan dia langsung gabung sama kita. Tapi cuma sebentar aja karena rombongan yang mau lomba udah mau berangkat. Jadi, aku sama oliv mau ngeliat ke dalem. Tapi ternyata ga boleh masuk. Jadinya kita coba cari jalan lain lewat SD. Dan ternyata jalan yang disana juga ditutup. Di tengah-tengah jalan ada truk besar yang mengangkut puing-puing. Disitu juga keliatan bagian masjid yang ikut gosong terkena api.
Waktu kita lagi di SD, qorri nelpon nyariin kita. Ibunya qorri juga mau rapat rupanya.Jadi kita bertiga nunggu di lapangan SMA. Pas hari selasa kemaren, kita sempet ujian tolak peluru disitu.Karena tolak peluru lapangannya harus ada lingkarannya, jadi selasa kemaren Pak Yusuf bawa kapur buat ngegambar lingkarannya dan di dalam lingkaran itu, anak-anak clasto banyak gambar-gambar.
Di sana ternyata masih ada sisa kapurnya. Jadi kita bertiga nulis-nulis disitu. Disitu aku nulis ”Kelasku hilang”. Dan aku juga sempat mengabadikannya dalam beberapa foto.
Setelah dari situ, karena tidak terlalu jauh dari kantin SMA kita bertiga mau beli minuman dulu (dan makanan untuk qorri karena belom sarapan). Tak berapa lama dari situ oliv pulang. Aku dan qorri yang ibunya lagi rapat harus nunggu dulu.
Aku pun nelpon bunda dan katanya bunda juga udah selesai dan sekarang lagi di kantin SMP. Jadi aku dan qorri nyusul sambil berharap kita udah boleh masuk. Dan ternyatakita emang boleh masuk.
Di lapangan SMP udah dipenuhi dengan sampah-sampah bekas kerangka meja dan kursi. Aku dan qorri trus langsung naek ke lantai atas.
Kondisi lantai 2, masih lumayan. Yang gosong cuma kelas 8c saja. Ruang guru, kelas 8a, 8b, 8d,8e,8f , 9a dan 9b masih dalam kondisi layak pakai. Tapi tangga yang menghubungi lantai 2 lantai 3 udah gosoong. Aku jadi deg degan. Mading yang ada di tengah-tengah tangga itu juga udah gosong.
Aku coba naik ke lantai 3. Kaca di sebelah kiri tangga sudah tidak ada. Dan benar saja, lantai 3 sudah hilang. Sudah tidak ada apa-apa. Termasuk kelasku. Yang tersisa hanya puing-puing. Kelasku tinggal puing yang beratapkan langit.
Aku sempat foto di antara puing-puing bekas kelasku. Lalu bunda ngajak aku pulang.Saat aku melewati kembali tangga, aku jadi ingat waktu itu semua anak clasto pernah foto kelas disitu. Semua kenangan-kenanganku pun mulai muncul satu per satu.

Labschoolku sayang, Labschoolku malang 3

Teteh sedih ga?

Selama perjalanan ke rumah, aku bener-bener ga bisa nahan tangis

... Waktu kita udah nemuin stasiun tv metro tv. YaAllah, pas banget! Disitu digambarin salah satu gedung yang sedang terbakar oleh api yang gede banget! Serem banget. Aku ga bakal ngelupain apa yang aku lihat waktu itu. Gedung itu berada dipinggiran. Dan dalam hati aku menebak-nebak. Apakah itu kelasku? Aku takut sekali.
Aku, lady dan oliv bener-bener ga bisa ngomong-ngomong apa-apa. Kami langsung terduduk lemas di karpet depan televisi. Kaget. Takut. Ga tau harus apa lagi.
Beberapa lama kemudian, oliv dijemput.Katanya dia juga mau langsung ke sekolah.
Setelah oliv pergi, aku sama lady naik lagi ke atas. Kami solat asar. Aku berdoa lagi. Berdoa. Berdoa.Berdoa untuk kelasku.Berdoa untuk sekolahku.
Abis solat, kami berdua pergi halaman depan rumah lady yang ada ayunannya.Kami duduk berdua di ayunan. Biasanya kalo maen ayunan tuh aku seneng banget. Tapi di saat itu tersenyum saja rasanya susah banget. Aku terlalu takut untuk tersenyum. Yang ada di pikiranku hanya Labschool, rumah keduaku tersayang.
Tak lama kemudian, ayah nelpon. Katanya udah ada di depan rumah Lady.Jadi setelah mengambil barang-barangku dan berpamitan aku langsung masuk mobil dan meminta ayah untuk segera ke sekolah.
Dalam perjalanan ke sekolah, rasa takut itu belum hilang. Aku khawatir. Aku tahu pasti sekolahku paling tidak ada yang hancur. Tapi aku tidak tahu apa aku tahan untuk melihatnya.
Ayah memarkir mobilnya agak jauh dari sekolah karena yang deket-deket udah penuh semua. Saat melewati gerbang Labschool,aku melihat tidak ada yang berubah. Masih bagus. Masih berdiri dengan megah. Ada satu harapan timbul. Mungkin saja, kebakaran itu cuma isu. Tapi melihat kerumunan orang-orang, aku yakin itu kenyataan.
Saat aku melewati koridor SMA, aku melihat ke kanan kiri. Gedung ini masih bagus! Tidak mungkin ada kebakaran! Gedung yang tadi di berita pasti bukan Labschool. Tapi, tak lama rasa takut itu datang lagi dan aku langsung meluk tangan ayah.
Dan... Ya Allah! Kebakaran itu benar terjadi! Kenyataan. Aku melihat dengan mata kepalaku sendiri, puing-puing di teater besar. Kayu-kayu hitam yang hangus terbakar. Dan debu-debu yang terbakar menjadi saksi bisu kebakaran itu. Melihat teater besar yang hangus itu saja rasanya sedih banget. Bagaimana kalau nanti aku melihat kelasku yang katanya sudah rata itu?
Pegangan tanganku ke tangan tangan ayah semakin kencang. Lantai koridor yang setiap pagi aku lewati itu sekarang becek. Di sekelilingnya masih ada selang-selang pemadam kebakaran.
Setelah sampai di koridor masjid, aku makin lemes. Aku coba melihat apa ada yang berbeda dengan koridor masjid yang biasanya. Tidak ada. Tidak ada yang berubah. Semuanya sama kecuali lantai-lantainya yang becek.
Aku pun melihat ke lapangan SMP, tempat biasanya kita semua berkumpul kalau mau lari pagi hari Jumat. Aku mulai melihat ke bagian atas gedung dan.. Astaghfirullah! Aku sampai tidak mempercayai hitunganku sendiri. Cuma ada dua lantai! Dua lantai! Jadi mana lantai 3? Mana lantai 3 tempat kelasku berada?
Aku mulai mengedarkan pandanganku. Kantin masih sehat-sehat saja. Tapi tanaman-tanaman yang hijau itu kini berubah warna menjadi hitam. Bahkan ada juga yang sudah gundul. Genteng-genteng jatuh semua. Kerangkanya yang dari kayu hangus terbakar. Semuanya jatuh ke bawah.
Ingin rasanya aku naik ke lantai atas. Tapi sayang tidak boleh.Karena katanya mau dibersihkan dulu. Aku penasaran. Bagaimana lantai 3 bisa hilang?
Waktu lagi lihat-lihat lagi. Aku ketemu oliv. Dia bareng Iik, adiknya. Katanya apinya sampai ke SD. Jadi kelasnya Iik juga hilang.
Tak lama kemudian, aku juga ketemu Lindsey dan Rani. Setelah ngobrol bentar. Ayah ngajak aku pulang. Sebenernya aku belom mau pulang, tapi setelah dipikir-pikir ngapain juga aku disitu. Kelasku tidak akan balik lagi dengan adanya aku disitu.
Waktu ngelewatin teater besar,ayah sama bunda berenti dulu. Katanya mau liat-liat dulu. Abis itu kita pulang.
Selama perjalanan ke rumah, aku bener-bener ga bisa nahan tangis. Makanya aku ngeliat keluar jendela terus. Terus ade yang ada di sebelah aku nanya ”Teteh sedih ga?”. Dan kalimat terakhirku dalam perjalanan ke rumah hanya ”Apa aku masih harus jawab pertanyaan itu, de?”

Labschoolku sayang, Labschoolku Malang 2

Kelas Kita Rata

YaAllah, mudah-mudahan kelasku ga kena. Dan mudah-mudahan kerusakannya ga parah. Amiin.

Abis ngedenger berita itu. Kami semua ga ada yang bisa tenang. Gimana engga? Sekolah kita, rumah kedua kita.. terbakar? Aku ga bisa membayangkannya.
Ga lama kemudian, ibunya qorri juga nelpon. Dan aku bener-bener lemas waktu denger kalau berita itu benar. Kami berempat sampe ga kuat untuk berdiri, jadi langsung pada duduk semua di sofa rumah Lady.
Aku panik banget! Gimana kalau kelasku kena? Gimana kalau kelasku kena? Gimana kalau kelasku kena?
Aku langsung sms bunda. Sms ku ga panjang. Cuma bilang “Bunda, Labschool kebakaran”. Aku ga bisa ngetik yang lain, karena yang ada di pikiranku cuma itu.
Ga berapa lama, ibunya qorri ngejemput. Qorri rencananya mau langsung ke sekolah dan ia berjanji akan memberi tahu kabar selanjutnya ke kita melalui telpon.
Akhirnya kita tinggal bertiga. Rumah Lady besar, tapi waktu itu lagi ga ada orang, lagi pada pergi semua. Jadinya kita memutuskan untuk naik ke lantai atas untuk melaksanakan solat zuhur. Kebetulan di atas juga lagi ada mbak-nya lady.
Karena mukenanya cuma satu, jadi kita gantian. Tapi pas lady baru mau solat, ternyata ada telpon dari qorri. Qorri bilang, sekarang masih ada api. Dan sumbernya dari teater besar. Sebenernya qorri masih ngomong macem-macem, tapi aku lagi bener-bener ga bisa mikir waktu itu.
Sehabis nerima telpon dari Qorri, Lady solat. Dan sambil nunggu lady solat, aku memutuskan untuk online ebuddy. Siapa tahu ada yang punya kabar lagi tentang kebakaran ini. Dan ternyata pm (personal message) anak-anak semuanya udah tentang kebakaran labs. Baik yang merupakan anak labs ataupun bukan. Aku jadi makin panik. Aku jadi takut banget.
Terus ada juga temen-temen sekelas aku yg lagi pada di labs ataupun yg lagi otw labs. Kata Fanny “Kelas kita rata”. Huwaaa... aku ga percaya! Atau aku ga mau percaya ya?? Pokoknya aku ga mau itu terjadiii..
Akhirnya aku solat. Jujur aja, solatku waktu itu jadi ga khusyuk. Yang ada di pikiranku cuma Labschool, Labschool, Labschool. Aku pun berdoa pada Allah. Doaku sangat sederhana : YaAllah, mudah-mudahan kelasku ga kena. Dan mudah-mudahan kerusakannya ga parah. Amiin.
Setelah kami semua sudah solat. Kami ngumpul semua di kamar kakaknya Lady sambil conf sama anak-anak lain. Trus kata Lindsey, kita disuruh liat Metro tv. Bayangin aja, dari posisi kita yang tidur-tiduran dalam sedetik langsung lari-lari nyari tv trus nyetel ke metro tv. Dan...

Labschoolku sayang, Labschoolku Malang 1

Hah? Labschool kebakaran?

Masa Labschool kebakaran sih? Ga mungkin! Pas hari Selasa kemaren masih sehat-sehat aja tuh.

Hari Rabu tanggal 30 Juli itu tanggal merah. Aku, oliv,lady dan qorri emang sudah berencana untuk mengerjakan tugas bahasa Indonesia. Tugasnya tu membuat makalah dan tema yang kita ambil tentang makanan cepat saji. Kita semua sudah sepakat untuk bertemu di rumah Lady sekitar jam 8.
Aku dateng ke rumah Lady sekitar jam 8 lewat dan belom ada yng dateng. Lady yang ngebukain pintu aja katanya baru bangun tidur. Jadi sambil nunggu yang lain aku nonton tv sambil ngeliat-liat perlengkapan ballet Lady yang bentar lagi akan pentas.
Ga berapa lama kemudian oliv dateng. Nah sambil nunggu qorri, kita duduk-duduk di pinggir kolam ikan. Jujur deh, ngeliatin ikan berenang tu selalu bikin pikiran aku tenang.
Sekitar jam 9 kurang, qorri dateng. Dan kita langsung sibuk sama makalah. Semua bahan-bahan makalah yang sudah kami cari digabung dan dipilah-pilah lagi mana yang emang pantes buat dimasukkin ke makalah.
Lady, oliv sama qorri tu sibuk banget ngetik. Aku jadi ga ada kerjaan. Jadinya aku maenin DS nya oliv deh. Mainannya seru-seru lagi. Hehe.
Setelah selesai bab pendahuluan dan setelah Lady selesai mandi,kita berencana untuk pergi ke Alfamart dulu. Mau beli pulsa untuk Wimode sekalian jalan-jalan. Di Alfamart aku sempet beli sebungkus Chitato, Choki-Choki dan Nyam-Nyam. Abis itu kita beli pulsa.
Pas udah sampe rumah,kita jadi lupa deh sama tugasnya. Kita semua jadi pada sibuk melototin dunia maya. Kita buka blog sama friendster sekalian bantuin Lady yang mau ngeganti layout blog nya.
Pas lagi seru-serunya buka blog. Ibunya oliv nelpon. Dan.. YaAllah, aku ga bakal ngelupain kata-kata oliv waktu nerima telepon itu. ”Hah? Labschool kebakaran?”
Aku kaget banget. Aku yang lagi maen DS langsung buyar konsentrasinya.
Masa Labschool kebakaran sih? Ga mungkin! Pas Selasa kemaren masih sehat-sehat aja tuh. Aku ga percaya. Atau ga mau percaya ya?
Gimana nanti kalo kelasku kena? Mau belajar dimana? Aku takut banget.
Apa masih ada kemungkinan kabar itu cuma isu? Aku tahu itu kemungkinan yang kecil, tapi aku masih percaya Labschool pasti belum ”mati”.