30 décembre 2008

Resensi Buku Tips dan Trik PageMaker 7

Tips dan Trik Adobe PageMaker 7.0

Judul : Tips dan Trik Adobe PageMaker 7.0
Pengarang : Slamet Riyanto
Penyelaras : Tutang, SE, MM
Desain sampul : Irfan JPG
Penerbit : D@takom Lintas Buana
Cetakan : 1, Juni 2005
Tebal buku : 74 halaman
Ukuran buku : 19 x 12 cm
ISBN : 979-3214-50-3

Adobe PageMaker memang memiliki keistimewaan tersendiri. Selain dapat diandalkan untuk membuat publikasi sederhana (seperti brosur, sertifikat, dan kartu), tetapi juga berfungsi untuk membuat buku yang tebal (seperti kamus dan direktori). Oleh karena itu, diharapkan buku Adobe Page Maker 7.0 akan berguna bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Adobe PageMaker. Karena memang buku ini sengaja disusun untuk para desainer pemula maupun menengah yang ingin mengembangkan ide serta gagasannya untuk melatih keterampilan dalam mengoperasikan Adobe PageMaker 7.0.
Penulis buku ini adalah Slamet Riyanto. Beliau adalah seorang penulis sekaligus instruktur dari pelatihan desain grafis. Di buku ini beliau menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di benak para desainer pemula. Lebih dari itu, buku ini juga mempunyai banyak trik jitu agar dapat menyelesaikan satu pekerjaan di Adobe PageMaker dengan cepat dan mudah.
Buku ini terdiri dari 8 tulisan yang disusun dan kemudian dikembangkan lagi oleh Slamet Riyanto. Tulisan-tulisan tersebut didapatkan dari hasil kerja beliau dalam mendalami program komputer maupun dari pengalaman beliau sebagai instruktur pelatihan desain grafis di bidang program komputer seperti Adobe PageMaker ini. Namun secara garis besar, buku ini terbagi atas 6 topik utama. Yang pertama mengenai PageMaker itu sendiri. Di sini Slamet Riyanto lebih banyak menjelaskan mengenai pemahaman akan PageMaker 7.0.
Kedua, yaitu bagaimana cara untuk membuat kuitansi. Awalnya, pembaca akan dikenalkan mengenai cara membuat kuitansi yang polos tanpa logo perusahaan. Lalu, pembaca akan dikenalkan pula mengenai cara membuat kuitansi dengan memakai logo perusahaan. Kuitansi juga bisa dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai keinginan.
Ketiga, yaitu bagaimana cara membuat kartu nama. Di subbab pertama, pembaca akan dikenalkan cara membuat kartu nama modern. Kartu nama modern dibuat dalam posisi horizontal dengan standar ukuran 90 x 55 cm. Di subbab kedua dijelaskan bagaimana cara membuat kartu nama eksklusif. Standar ukuran kartu nama eksklusif adalah 9 x 5,5 cm dengan posisi tegak (portrait).
Keempat, yaitu cara membuat kartu undangan. Di buku ini ada 2 contoh kartu undangan, yaitu kartu undangan khitanan dan kartu undangan pernikahan.
Kelima, yaitu bagaimana cara membuat sertifikat. Biasanya masing-masing perusahaan memiliki ciri khas yang berbeda dalam membuat sertifikat. Karena itu, Slamet Riyanto memberi beberapa contoh sertifikat yang dapat dibuat di Adobe PageMaker.
Keenam, adalah penjelasan tambahan untuk lebih memahami dan memanfaatkan tools yang ada.
Jika membaca semua tulisan yang terdapat di buku ini, akan terlihat bahwa buku memiliki bahasa mudah dimengerti karena ditulis dengan gaya personal dan dilengkapi dengan gambar-gambar yang dapat membantu pembaca dalam memahami isi buku. Kesimpulannya, buku ini sangatlah bermanfaat bagi para desainer grafis, baik yang pemula maupun yang menengah dan juga bagi masyarakat umum yang membaca buku ini. Saran terhadap buku ini terdapat pada pokok pembahasannya yang masih kurang. Seharusnya, Slamet Riyanto memberikan lebih banyak lagi pokok bahasan dalam bukunya ini. Misalnya, bagaimana cara membuat brosur atau mungkin bagaimana cara membuat kamus. Karena tulisan-tulisan itu akan sangatlah berguna.