29 septembre 2008

Puasa

Puasa.. Puasa..

Hei, semuanya! Kita udah masuk bulan puasa nih. Sejak tanggal 1 September, kita semua sebagai umat muslim sangat berbahagia untuk menyambut datanganya Bulan Suci Ramadhan.
Pasti ada deh orang yang bilang, “Yaa.. puasa lagi deeh”. Weits, tapi jangan salah. Puasa itu menyehatkan kok. Puasa juga melatih kita untuk bersabar, belajar menahan amarah dan juga nafsu. Nafsu makan kali ya yang utamanya. Hehe.
Di bulan ini, Allah SWT istilahnya tu mengobral pahala. Apa saja yang kita kerjakan selama puasa di bulan Ramadhan, dikasih pahala! Tentu saja kalau pekerjaan yang kita lakukan itu hal-hal yang positif. Orang yang tidur aja dapet pahala, apalagi yang baca Qur’an, bersedekah, dan menggiatkan solat coba? Wooh, pahalanya bejibun pasti. Banyak kok kegiatan yang bisa kita lakukan selama bulan puasa. Kita juga tetep bisa berolahraga kok. Tapi tentu saja, frekuensinya rada dikurangi. Maklum, badan kita kan ga diasupi makanan.
Nah, waktu sahur ni. Pasti rada banyak orang yang kalo bangun tu malees banget. Makannya jadi ga selera deh. Eeeh, siang-siangnya jadi laper. Makanya kalo mau sahur, cuci muka dulu sampe mata bener-bener melek. Selama sahur, banyak juga kok acara TV yang menghibur. Lumayan kan, jadi bisa ngelupain ngatuk. Tapi, makanannya jadi jangan dilupain gara-gara nonton. Abis sahur, sisakan waktu 5-10 menit sebelum adzan Subuh atau istilahnya imsak. Jangan lupa juga untuk berniat puasa.
Waktu buka puasa, jangan lupa berdoa. Minum dan makan yang manis-manis dulu. Biar perut rada keganjel. Nah, abis makan tajil, solat dulu lebih utama. Abis solat, baru lanjutin makan. Tapi, kalo emang udah ga tahan banget, ya udahlah makan aja. Daripada solatnya kaga khusyuk?
Selama puasa ni, pasti yang cewe-cewe ada puasanya yang bolong. Nah, selama puasa cewe-cewe yang lagi ga puasa itu sudah sepatutnya menghormati yang sedang berpuasa. Dengan cara tidak makan atau minum di depan orang yang sedang berpuasa tentu saja. Kalau bisa, orang yang berpuasa itu tidak tahu kalau kita sedang tidak berpuasa.
Yah, begitulah tentang puasa. Itu semua cuma yang setahu aku aja lhoo.. Jadi maaf, maaf saja kalo ada yang salah atau kurang berkenan di hati. Selamat Puasa! :D