26 juillet 2008

Liburaaan (2) -- Halo Piramid!

Nah, ini hari pertama kami jalan-jalan di Mesir. Hotel kami yang ada di Cairo ternyata tidak terlalu jauh dengan kota Giza, yaitu tempat adanya Piramid. Kami semua dipimpin oleh Shaima dan Ahmad. Shaima adalah tour guide kami yang merupakan orang asli Mesir, jadi dia menjelaskan pada kita menggunakan bahasa Inggris. Dan Ahmad adalah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Al-Azhar yang mentranslate ke bahasa Indonesia.

Tujuan pertama kami adalah Piramid Giza. Piramid Giza ada di kota Giza. Kota Giza dan Cairo hanya dibatasi oleh sungai Nil. Jadi,kalo mau ke kota Giza, kita harus menyeberangi jembatan yang membelah sungai Nil.

Piramid sebenarnya adalah kuburan. Orang-orang zaman Firaun dulu, menganggap mereka akan hidup kembali di masa setelah mati atau Afterlife. Jadi di dalam Piramid, jenazah mereka diawetkan (dibuat mumi) untuk mempersiapkan diri mereka di Afterlife. Di dalam Piramid yang sangat besar itu, mereka tidak hanya menaruh mayat mereka saja, mereka juga menaruh barang-barang mereka. Seperti misalnya sandal, pakaian, sampai kursi kerajaan mereka. Itu semua juga dipersiapkan untuk Afterlife. Yang lucu, menurut mereka saat mereka dihidupkan kembali nanti, mereka akan kelaparan,jadi di dalam piramid, mereka juga mengawetkan makanan-makanan seperti daging ayam ataupun makanan lainnya. Haha.

Di sana ada 3 Piramid besar, yaitu untuk sang kakek (piramidnya paling gede), sang bapak (gedenya sedang), dan buat sang cucu (yang paling kecil). Piramid si kakek namanya XX, piramid si bapak namnya Kevrin kalo cucunya namanya Minkaura. Piramid Kevrin dilapisi oleh marmer, tapi sekarang yang dilapisi marmer cumatinggal bagian atas piramidnya aja,karena marmernya udah dibikin buat masjid. Di tiap piramid, ada piramid-piramid kecil di sekelilingnya, piramid itu buat istri-istrinya. Di lingkungan piramid juga ada kuburan-kuburan tempat dikuburnya budak-budak yang mati dalam membuat piramid. Jelas ajalah banyak yang mati, bikin piramid selama 50 tahun apa kagak gempor??

Nah, setelah ngeliat piramida, kita langsung makan siang di restoran cina.Kalo soal makanan di sini tenang ajaa, semuanya dijamin halal! Restoran yang kali ini juga. Restorannya cukup gede, ada musholanya juga. Masuk restoran bikin kepalajadi dingin. Bayangin aja abis panas-panasan ngeliatin piramid, kena AC tentu saja bikin kepala jadi seger. Makanan di resto itu enaaaak banget! Kayak makanan Indonesia uy.