23 janvier 2008

TERIMAKASIH YA ALLAH... (3)

(yang ini juga postingan yang dibikin ayahkuu! hhe)

SORONG, KOTA DI KEPALA BURUNG PAPUA



Tahun 2004 Ayahku dipindah tugas ke Sorong -Papua, begitu juga dengan sekolahku, aku bersekolah di SD Yayasan Pendidikan Islam Al Jihad. Sekolahku karena sekolah Islam, jadi teman-temanku tidak banyak yang asli dari Papua. Aku merasakan bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia Timur masih kurang bagus. Padahal menurut Ayahku, saat akan memindahkan sekolahku dari Makassar ke Papua, sekolah ini adalah sekolah “terbaik” yang ada di kota Sorong. Ada salah satu guruku yang suka tidur kalau lagi ngajar. Awalnya sih, kelihatannya enak, ga usah belajar, tapi lama kelaman jadi ketinggalan pelajaran juga.Pokoknya aku merasa sekolah di sana merasa ngga merasa tambah pinter deh… Seharusnya pemerintah bisa lebih meningkatkan perhatian terhadap kualitas guru dan mutu pendidikan yang ada di wilayah Indonesia Timur, I hope so…


Teman-temanku di Sorong juga banyak… Teman-temanku di sekolah, ada Andina, Ian, Risanti, Tuti& banyak lagi deh. Oh ya, ada juga temanku yang namanya Annisa Rizki. Ibunya Annisa berjualan nasi kuning, aku suka karena enak banget deh….apalagi kalau dimakan pake ikan cakalang dan kerupuknya. Padahal sebelumnya aku sama sekali ga suka sama nasi kuning, tapi sejak mencoba nasi kuning ibunya Annisa,aku jadi suka makan nasi kuning.


Di sekolah, tidak ada taman bermain. Tapi, ada satu lapangan yang cukup luas. Lapangan itu, tiap pagi dipakai untuk senam. Nah, karena aku jadwalnya sekolah siang, aku cuma senam tiap hari Jum’at, karena setiap hari Jum’at aku masuk sekolahnya pagi. Tiap istirahat, aku sering main di lapangan itu bermain lompat tali, kadang juga aku bermain di dekat masjid. Kantin sekolah berjualan makanan lokasinya juga berdekatan dengan masjid. Sebenernya bukan seperti Kantin yang dibayangkan sih.. lebih tepat kalo disebut warung sekolah, karena tempat jualannya berupa satu ruangan yang dibatasi oleh kawat. Jadi, kalo kita pesan makanan lewat bolongan di kawat haha..ha..ha..


Mal yang ada di Sorong cuma ada satu. Namanya Mal Papua. Itu juga baru dibangun tahun 2006. Dulunya, cuma ada satu supermarket yang namanya Saga. Pokoknya supermarket itu, udah dianggap mal deh..karena di supermarket itu juga menjual pakaian, trus juga ada KFC (Kentucky fried Chicken). Di Sorong, memang cuma ada KFC. Nah, sekarang di Mal Papua sudah ada CFC.(California Fried Chicken).


Di pinggiran pantai Sorong, ada tempat jualan makanan di deket pantai yang dibatesi tembok, sehingga orang disana menamai tempat itu “tembok berlin”. Di situ, ada warung yang berjualan kepiting asam manis yang enak banget …aku suka deh.. nama warungnya “Marinda”, yang jual sih orang jawa yang sudah merantau lama di Papua.
Sungguh kenikmatan yang senantiasa melimpahi aku , hingga aku senantiasa mengucapkan….Terimakasih ya Allah

2 comment(s):

kampungbaru_rufei a dit…

Mantap ade..walaupun ade dorang su kembali ke jawa tapi tetap ingat pada Sorong...jangan pernah lupakan Sorong ya ade...kalo ada libur panjang sempatkan datang ke Sorong kembali ade dan makan di warung tenda "marinda" di pojok Tembok Berlin...

Salam buat ade pu orang tua

Rinda Widya a dit…

warung tenda "marinda", kaya' namaku :D